KONSEP PENDIDIKAN KARAKTER DI PAGUYUBAN PENGHAYAT KEPERCAYAAN HANGUDI BAWANA TATA LAHIR BATIN YOGYAKARTA DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM

ILMA AFIDAH NUR DIANA, NIM :16410041 (2020) KONSEP PENDIDIKAN KARAKTER DI PAGUYUBAN PENGHAYAT KEPERCAYAAN HANGUDI BAWANA TATA LAHIR BATIN YOGYAKARTA DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KONSEP PENDIDIKAN KARAKTER DI PAGUYUBAN PENGHAYAT KEPERCAYAAN HANGUDI BAWANA TATA LAHIR BATIN YOGYAKARTA DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM)
16410041_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (14MB) | Preview
[img] Text (KONSEP PENDIDIKAN KARAKTER DI PAGUYUBAN PENGHAYAT KEPERCAYAAN HANGUDI BAWANA TATA LAHIR BATIN YOGYAKARTA DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM)
16410041_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

ILMA AFIDAH NUR DIANA. Konsep Pendidikan Karakter di Paguyuban Penghayat Kepercayaan Hangudi Bawana Tata Lahir Batin Yogyakarta dalam Perspektif Pendidikan Islam. SKRIPSI. YOGYAKARTA:PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN SUNAN KALIHAGA YOGYAKARTA, 2020. Penerimaan yang berimplikasi pada fasilitasi pendidikan karakter masih nampak terfokus pada lembaga pendidikan formal. Sehingga terkesan bahwa pendidikan karakter hanya dilaksanakan dan menjadi tanggungjawab lembaga pendidikan formal. Meskipun demikian, peneliti masih menemukan sebuah Paguyuban bernama Paguyuban Penghayat Kepercayaan Hangudi Bawana Tata Lahir Batin yang secara konsisten terus menyemai karakter melalui beberapa ritual dan kegiaatannya. Akan tetapi, Paguyuban ini justru sering mendapat stigma hingga penolakan karena dianggap bertentangan dengan karakter Islam. Oleh karena itu, perlu adanya penelitian yang memaparkan adanya Konsep Pendidikan Karakter di Paguyuban Penghayat Kepercayaan Hangudi Bawana Tata Lahir Batin dalam Perspektif Pendidikan Islam dengan tujuan: 1) Mengetahui karakter yang dikembangkan di paguyuban Penghayat Kepercayaan Hangudi Bawana Tata Lahir Batin dalam perspektif pendidikan Islam. 2) Mengetahui cara pembiasaan karakter di paguyuban Penghayat Kepercayaan Hangudi Bawana Tata Lahir Batin dalam perspektif pendidikan Islam. 3) Mengetahui relevansi karakter dan cara pembiasaan karakter di paguyuban Penghayat Kepercayaan Hangudi Bawana Tata Lahir Batin dengan pendidikan karakter perspektif pendidikan Islam. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar di Paguyuban Penghayat Kepercayaan Hangudi Bawana Tata Lahir Batin Yogyakarta. Subjek penelitiannya adalah Ketua, pengurus, dan dua orang Kadang (anggota) di Paguyuban Penghayat kepercayaan Hangudi Bawana Tata Lahir Batin Yogyakarta. Obyek penelitiannya adalah Konsep Pendidikan Karater di Paguyuban Penghayat Kepercayaan Hangudi Bawana Tata Lahir Batin Yogyakarta dalam Perspektif Pendidikan Islam. Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Peneliti dalam analisis data menggunakan model Miles Huberman, yang terdiri dari data reduction, data display, verification. Teknik keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber, metode, dan waktu. Hasil Penelitian menunjukkan, bahwa terdapat tiga karakter perspektif Islam yang dikembangkan dalam Paguyuban , yaitu : 1) Karakter Ilahiah. 2) Karakter Insaniah. 3) Karakter Alamiah. Masing-masing dari tiga karakter tersebut cangkupan dalam ajaran Paguyuban Penghayat Kepercayaan Hangudi Bawana Tata Lahir Batin. Dalam penerapannya, semua karakter yang dikembangkan terimplementasikan ke dalam kegiatan yang dijalankan oleh Paguyuban Penghayat Kepercayaan Hangudi Bawana Tata Lahir Batin. Mengenai pembiasaan karakter karakter, paguyuban ini mempunyai beberapa metode yang digunakan, diantaranya; Metode Qishah dan Hiwar, metode uswah, metode pembiasan, metode janji dan ancaman serta metode ‘ibrah dan mau’idah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Muqowim, S.Ag. M.Ag
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Karakter, Perspektif Pendidikan Islam, Budi Pekerti, Ritual, Kadang atau anggota.
Subjects: Akhlak - Etika
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Siti Pamularsih
Date Deposited: 13 Sep 2021 14:06
Last Modified: 13 Sep 2021 14:06
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/44315

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum