PROFIL GURU DALAM NOVEL GURU AINI KARYA ANDREA HIRATA DAN KONTRIBUSINYA BAGI KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU PAI

Meylani Nur Hidayah, NIM.: 17104010011 (2020) PROFIL GURU DALAM NOVEL GURU AINI KARYA ANDREA HIRATA DAN KONTRIBUSINYA BAGI KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU PAI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PROFIL GURU DALAM NOVEL GURU AINI KARYA ANDREA HIRATA DAN KONTRIBUSINYA BAGI KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU PAI)
17104010011_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text (PROFIL GURU DALAM NOVEL GURU AINI KARYA ANDREA HIRATA DAN KONTRIBUSINYA BAGI KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU PAI)
17104010011_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah bahwa sosok guru merupakan hal yang paling penting dan utama dalam dunia pendidikan. Seorang guru terutama guru PAI memiliki tugas dan tanggung jawab yang besar dalam pembentuk akhlak dan moral peserta didik, sehingga guru PAI diharuskan untuk terus meningkatkan kompetensi yang telah dimiliki terutama kompetensi kepribadiannya, serta dituntut untuk dapat menjadi teladan yang baik untuk semua orang terutama peserta didiknya. Ada banyak cara yang dapat dilakukan guru untuk meningkatkan kompetensi kepribadian yaitu dapat dengan pendidikan, pelatihan, pengalaman, dan dengan banyak membaca. Bahan bacaan yang dapat dibaca guru salah satunya adalah karya sastra novel. Novel Guru Aini adalah novel yang banyak memberikan inspirasi bagi seorang pendidik serta memiliki banyak nilai-nilai pendidikan. Oleh karena itu perlu diadakan penelitian tentang profil guru yang terdapat dalam novel Guru Aini karya Andrea Hirata. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan profil guru yang terdapat pada tokoh guru dalam novel tersebut dan mengetahui kontribusi terhadap pengembangan kompetensi kepribadian guru PAI. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kajian pustaka (library research) dengan menggunakan novel Guru Aini karya Andrea Hirata sebagai sumber data primer. Adapun pengumpulan datanya mengunakan metode dokumentasi. Dalam analisis data menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan analisis isi (conteent analysis). Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Profil sebagai seorang pendidik yang terdapat pada pribadi tokoh Guru Desi yaitu memiliki kekuatan eksistensial, motivatoris, penuh kasih sayang, pribadi yang bersemangat, mengetahui kapasitas peserta didik, berani tampil beda, bertanggung jawab, inspiratif, berwibawa, inovatif, dan mampu menjadi teladan yang baik untuk peserta didiknya. 2) Profil guru yang melekat pada pribadi tokoh Guru Desi dalam novel tersebut sudah sangat sesuai dengan kompetensi kepribadian guru PAI yang tertera dalam Keputusan Menteri Agama No. 211 tahun 2011. Adapun kontribusi yang dapat diberikan profil guru dalam novel Guru Aini terhadap kompetensi kepribadian guru PAI yaitu dapat meninggkatkan rasa bangga terhadap profesi guru, menjadikan guru lebih bersemangat dalam mengajar, menambah inspirasi guru untuk senantiasa menghiadi diri dengan akhlak mulia, serta menjadikan guru PAI memiliki visi yang unggul dan jauh kedepan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. H. Rofik, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Profil Guru, Kompetensi Kepribadian, PAI, Novel Guru Aini
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Karakter
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: H. Latief, SIP
Date Deposited: 15 Sep 2021 08:14
Last Modified: 15 Sep 2021 08:14
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/44321

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum