NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL MERINDU BAGINDA NABI KARYA HABIBURRAHMAN EL SHIRAZY DAN RELEVANSINYA DENGAN PAI

Farah Mutia Ramadanti, NIM.: 17104010046 (2020) NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL MERINDU BAGINDA NABI KARYA HABIBURRAHMAN EL SHIRAZY DAN RELEVANSINYA DENGAN PAI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL MERINDU BAGINDA NABI KARYA HABIBURRAHMAN EL SHIRAZY DAN RELEVANSINYA DENGAN PAI)
17104010046_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text (NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL MERINDU BAGINDA NABI KARYA HABIBURRAHMAN EL SHIRAZY DAN RELEVANSINYA DENGAN PAI)
17104010046_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini diambil dari kenyataan yang ada dalam kehidupan sekarang, banyak kasus yang menunjukkan bahwa moral bangsa telah menurun. Banyak peristiwa anak sekolah yang kurang hormat terhadap orang tua dan guru, perkelahian antar warga atau bahkan pelajar, perundungan bahkan juga sikap-sikap yang intoleran di sekolah dan di masyarakat. Penanaman nilai-nilai pendidikan karakter dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya dengan novel Merindu Baginda Nabi. Dari judulnya sudah menggambarkan kerinduan kepada sosok Rasul, yangmana beliau menjadi uswah dalam berperilaku sehingga penulis merasa tertarik mengkaji nilai-nilai pendidikan karakter dalam novel tersebut serta relevansinya dengan PAI. Penelitian ini merupakan penelitian studi pustaka (library research), dengan mengambil objek novel Merindu Baginda Nabi. Pengumpulan data dilakukan dengan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis isi (Content Analysis), kemudian dari hasil analisis ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam novel Merindu Baginda Nabi, yaitu; religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat/komunikatif, cinta damai, gemar membaca, peduli sosial, dan tanggung jawab. 2) terdapat relevansi nilai-nilai pendidikan karakter dalam novel tersebut dengan Pendidikan Agama Islam yaitu; Relevansi dengan Materi PAI religius, demokratis, jujur, toleransi, kerja keras, mandiri, gemar membaca, tanggung jawab, cinta damai dan peduli sosial relevan dengan materi pelajaran Akidah, Syari’ah, Akhlak, dan Al-Qur’an Hadits; Relevansi dengan Tujuan PAI, karena seorang muslim harus bisa membentengi dan membiasakan diri agar selalu dekat dengan Allah. Dekatnya seorang muslim dengan Allah maka akan menjadikan akhlak yang baik kepada sesama makhluk maupun kepada sang pencipta; dan Relevansi dengan Metode PAI, religius, kerja keras, rasa ingin tahu, dan tanggung jawab relevan dengan metode ceramah, demontrasi, latihan, tanya jawab dan diskusi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Munawwar Khalil, SS, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Novel, Pendidikan Karakter, PAI.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Karakter
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: H. Latief, SIP
Date Deposited: 15 Sep 2021 09:31
Last Modified: 15 Sep 2021 09:31
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/44324

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum