NILAI-NILAI AKHLAK DALAM FILM CAHAYA CINTA PESANTREN KARYA RAYMOND HANDAYA DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

Aghniyal Chakiim, NIM.: 17104010096 (2021) NILAI-NILAI AKHLAK DALAM FILM CAHAYA CINTA PESANTREN KARYA RAYMOND HANDAYA DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (NILAI-NILAI AKHLAK DALAM FILM CAHAYA CINTA PESANTREN KARYA RAYMOND HANDAYA DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM)
17104010096_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (NILAI-NILAI AKHLAK DALAM FILM CAHAYA CINTA PESANTREN KARYA RAYMOND HANDAYA DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM)
17104010096_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah mulai menurunnya kesadaran masyarakat untuk senantiasa berakhlak mulia terlebih kaum muda yang menjadi sasaran utama arus globalisasi dan perkembangan teknologi. Maka dari itu, dalam penanaman nilai-nilai akhlak terhadap generasi muda harus menggunakan cara dan media yang sesuai dengan perkembangan mereka saat ini karena akhlak memiliki peranan yang sangat penting dalam kehidupan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui, menganalisis, dan mendeskripsikan pesan nilai-nilai akhlak dalam film Cahaya Cinta Pesantren karya Raymond Handaya dan relevansinya dengan Pendidikan Agama Islam. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menambah dan mengembangkan khasanah keilmuan berkaitan dengan penggunaan film sebagai media pembelajaran yang lebih bervariasi, menarik, dan efektif dalam menyampaikan pesan-pesan edukatif. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library reasearch) dengan menggunakan pendekatan semiotika, pertunjukkan, dan fungsional. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data pada penelitian ini adalah metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan dalam analisis data menggunakan teknik analisis isi. Dalam penelitian ini, peneliti menganalisis nilai akhlak dalam film Cahaya Cinta Pesantren kemudian menganalisis relevansinya dengan Pendidikan Agama Islam. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya: 1) Nilai-nilai akhlak yang terkandung dalam film Cahaya Cinta Pesantren yaitu: Pertama, akhlak kepada Allah SWT. Kedua, akhlak kepada Rasulullah SAW. Ketiga, akhlak kepada pribadi/diri sendiri. Keempat, akhlak dalam keluarga. Kelima, akhlak bermasyarakat. Keenam, akhlak bernegara. 2) Adanya relevansi antara nilai-nilai akhlak dalam Film Cahaya Cinta Pesantren dengan Pendidikan Agama Islam yang dilihat dari 3 sisi di antaranya: Pertama, tujuan pendidikan Agama Islam yaitu dalam film ini mengandung banyak nilai-nilai akhlak yang merupakan salah satu tujuan Pendidikan Agama Islam dan akhlak sangat diperlukan dalam mencapai tujuan Pendidikan Agama Islam. Kedua, materi Pendidikan Agama Islam yaitu dalam film ini mengandung penyampaian materi Pendidikan Agama Islam seperti materi akhlak, akidah, Al-Quran dan Al-Hadiś, fikih, dan sejarah kebudayaan Islam. Ketiga, metode Pendidikan Agama Islam yaitu dalam film ini terdapat adegan dan atau dialog/audio yang menerapkan penggunaan metode Pendidikan Agama Islam seperti metode hiwar, kisah Qurani dan Nabawi, amtsal, keteladanan, pembiasaan, ibrah dan mau’izah, serta metode targhib dan tarhib.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Munawwar Khalil, S.S., M.Ag
Uncontrolled Keywords: Akhlak, Media Pembelajaran, Film, Pendidikan Agama Islam
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Karakter
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: H. Latief, SIP
Date Deposited: 15 Sep 2021 09:05
Last Modified: 15 Sep 2021 09:05
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/44335

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum