PERAN WANITA KARIER DALAM MEMBINA RELIGIUSITAS ANAK (Studi Kasus Wanita Pekerja Pabrik di RW 04 Desa Ketitang Kecamatan Nogosari Kabupaten Boyolali)

Fira Nisa Rahmawati, NIM.: 17104010097 (2020) PERAN WANITA KARIER DALAM MEMBINA RELIGIUSITAS ANAK (Studi Kasus Wanita Pekerja Pabrik di RW 04 Desa Ketitang Kecamatan Nogosari Kabupaten Boyolali). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN WANITA KARIER DALAM MEMBINA RELIGIUSITAS ANAK (Studi Kasus Wanita Pekerja Pabrik di RW 04 Desa Ketitang Kecamatan Nogosari Kabupaten Boyolali))
17104010097_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PERAN WANITA KARIER DALAM MEMBINA RELIGIUSITAS ANAK (Studi Kasus Wanita Pekerja Pabrik di RW 04 Desa Ketitang Kecamatan Nogosari Kabupaten Boyolali))
17104010097_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini mengenai wanita pekerja pabrik harus pandai dalam membagi waktu antara bekerja dan sebagai ibu rumah tangga. Wanita karier memiliki peran ganda yang keduanya harus sejalan dengan baik. Pendidikan bagi anak adalah hal yang sangat penting, terutama keagamaan. Orang tua memiliki kewajiban untuk memberikan pendidikan keagamaan bagi anaknya khususnya Ibu, karena Ibu adalah pendidik pertama bagi anaknya. Banyak wanita karier pekerja pabrik yang kewalahan terhadap peran ganda yang harus dijalaninya, dikarenakan berangkat kerja sangat pagi dan pulang pada sore hari. Permasalahan pada penelitian ini adalah bagaimana peran wanita karier pekerja pabrik dalam membina religiusitas anaknya, dan apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam membina religiusitas anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran wanita karier dalam membina religiusitas anaknya serta faktor pendukung dan penghambat dalam membina religiusitas anaknya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar RW 04 Desa Ketitang, Kecamatan Nogosari, Kabupaten Boyolali. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi ,wawancara, serta dokumentasi. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan teknik triangulasi. Peneliti menggunakan triangulasi metode dan sumber. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, kemudian ditarik dengan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Peran wanita karier pekerja pabrik di RW 04 Desa Ketitang sudah dapat membagi waktu antara bekerja dan mengurusi keluarga namun dalam praktiknya terdapat konflik batin yang mereka alami. (2) Faktor pendukung wanita karier dalam membina religiusitas anak berasal dari dukungan dan kerjasama yang baik dengan keluarga, meminta anak untuk mengikuti kegiatan TPA, dan lingkungan masyarakat yang baik. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu peran ganda wanita karier bahwa harus bertanggung jawab atas pekerjaan dan urusan rumah tangga, respon anak yang terkadang kurang baik dalam pembinaan religiusitas oleh wanita karier pekerja pabrik, serta kurangnya pengetahuan agama oleh wanita karier pekerja pabrik. Cara wanita karier pekerja pabrik dalam mengatasi kendala-kendala tersebut adalah dengan menasihati, menegur, memberi contoh yang baik, memberi hukuman jera, dan meyuruh anak untuk mengikuti kegiatan TPA.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Prof. Dr. Hj. Marhumah, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Peran wanita karier, Religiusitas
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: H. Latief, SIP
Date Deposited: 15 Sep 2021 09:04
Last Modified: 15 Sep 2021 09:04
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/44336

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum