PENDIDIKAN ANAK KELUARGA PRAKTIK PERNIKAHAN DINI DI KELURAHAN REOK KECAMATAN REOK KABUPATEN MANGGARAI NUSA TENGGARA TIMUR

Nurhikmah Rahayu, NIM. : 17104030058 (2020) PENDIDIKAN ANAK KELUARGA PRAKTIK PERNIKAHAN DINI DI KELURAHAN REOK KECAMATAN REOK KABUPATEN MANGGARAI NUSA TENGGARA TIMUR. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENDIDIKAN ANAK KELUARGA PRAKTIK PERNIKAHAN DINI DI KELURAHAN REOK KECAMATAN REOK KABUPATEN MANGGARAI NUSA TENGGARA TIMUR)
17104030058_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (PENDIDIKAN ANAK KELUARGA PRAKTIK PERNIKAHAN DINI DI KELURAHAN REOK KECAMATAN REOK KABUPATEN MANGGARAI NUSA TENGGARA TIMUR)
17104030058_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Dalam skripsi ini penulis akan menjelaskan latar belakang terkait Pendidikan anak praktik pernikahan dini yang dilakukan oleh masyarakat Kelurahan Reok Kecamatan Reok Kabupaten Manggarai Provinsi Nusa Tenggara Timur. Yang mana penyebab pernikahan dini tersebut di akibatkan hamil diluar nikah, Penelitian ini bertujuan untuk dapat mengetahui bagaimana pendidikan anak keluarga praktik pernikahan dini yang terjadi di Kelurahan Reok, serta untuk mengetahui dampak pernikahan dini terhadap anak. Dalam penelitian ini termaksud penelitian kualitatif. Adapun metode yang digunakan yaitu teknik pengumpulan data berupa wawancara dan dokumentasi. Dimana peneliti mewawancarai secara langsung keluarga di Desa Reok yang melakukan pernikahan dini. Lalu mendokumentasikan dalam bentuk gambar untuk mendukung keabsahan wawancara tersebut. Dari penelitian yang penulis peroleh serta pengkajian terhadap teori-teori yang ada, penulis memperoleh kesimpulan bahwasannya: 1) keluarga yang menikah dini sebagai pendidik xi utama dalam penanaman iman dan moral, mereka sudah berusaha mendidik anaknya dengan baik yakni dengan menggunakan beberapa bentuk bentuk Pola Asuh yang terapkan oleh pasangan usia dini di Desa Reok adalah; pola asuh demokratis 2 keluarga, pola asuh otoriter 1 keluarga, dan pola asuh permisif 2 keluarga. 2) pernikahan dini sangat berdampak bagi pendidikan anak yang masih memerlukan bimbingan dariorang tua terutama orang tua yang kurang dalam memberikan kasih sayang terhadap anak, selain itu ekonomi orangtua yang kurang memadai dapat mengganggu pendidikan anak di sekolah, kurang harmonisnya keluarga dapat mengganggu mental anak, karena orang tua yang menikah dini masih memikirkan diri meraka sendiri,masih minim pengetahuan tentang bagaimana memberikan pengasuhan pendidikan yang baik untuk anaknya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pebimbing: H.Suismanto, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Pernikahan dini; pola asuh anak
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S1)
Depositing User: S.Sos Suhardi
Date Deposited: 05 Oct 2021 12:28
Last Modified: 05 Oct 2021 12:28
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/44338

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum