PROSES PEMBELAJARAN JARAK JAUH TEMA 5 PAHLAWANKU KELAS 4 C SD MUHAMMADIYAH SANGONAN 4 DI ERA PANDEMI COVID 19

Fajar Pratama Septianto, NIM.: 17104080034 (2020) PROSES PEMBELAJARAN JARAK JAUH TEMA 5 PAHLAWANKU KELAS 4 C SD MUHAMMADIYAH SANGONAN 4 DI ERA PANDEMI COVID 19. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PROSES PEMBELAJARAN JARAK JAUH TEMA 5 PAHLAWANKU KELAS 4 C SD MUHAMMADIYAH SANGONAN 4 DI ERA PANDEMI COVID 19)
17104080034_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[img] Text (PROSES PEMBELAJARAN JARAK JAUH TEMA 5 PAHLAWANKU KELAS 4 C SD MUHAMMADIYAH SANGONAN 4 DI ERA PANDEMI COVID 19)
17104080034_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Proses pembelajaran yang dilaksanakan di SD Muhammadiyah Sangonan 4 khusus tema 5 pahlawanku di kelas 4 C yang terdiri dari persiapan pembelajaran hingga bentuk evaluasi yang digunakan diera pandemi covid 19. Pembelajaran yang digunakan yaitu dengan Pembelajaran Jarak Jauh. Di era pandemi covid 19, pembelajaran jarak jauh sangat penting digunakan karena disamping cara untuk menyampaikan materi pembelajaran juga digunakan untuk mencegah penularan covid 19 dilingkungan sekolah. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan tipe studi kasus. Data diambil dari berbagai sumber, diantaranya Kepala Sekolah, Wali Kelas, Peserta didik dan wali peserta didik kelas 4 C. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan langkah-langkah reduksi data, penyajian data dan penarikkan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data dengan menggunakan metode triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada tahap perencanaan pembelajaran, RPP yang digunakan sudah sesuai dengan edaran mendikbud nomor 14 tahun 2019. Akan tetapi RPP yang dibuat kurang efektif dan efisien. RPP yang sering disebut sebagai RPP satu lembar, pembuatannya masih lebih dari satu lembar. Didalam isi RPP juga belum terdapat seperti Kompetensi Dasar seharusnya dituliskan. Pada tahap pelaksanaan pembelajaran jarak jauh masih kurang sesuai dengan RPP yang dibuat. Hal ini dikarenakan pandemi covid 19 yang membuat proses pembelajaran dirubah secara drastis. Dan guru yang harus memilih materi yang dianggap penting bagi kehidupan peserta didik. Hal ini sesuai dengan edaran kepala badan penelitian dan pengembangan dan perbukuan nomor 018/H/KR/2020 mengenai KI dan KD untuk kondisi khusus. KI KD ini sering disebut dengan KD esensial. Yaitu guru harus memilih materi mana yang baik digunakan dan materi mana yang seharusnya dihilangkan tanpa menghilangkan makna dari pembelajaran. Proses pembelajaran jarak jauh yang digunakan yaitu dengan pembelajaran daring. Dimana pembelajaran daring sangat terpengaruh dengan koneksi internet dan media penghubung antar guru dan peserta didik. Segala sesuatu baik guru menyampaikan materi, memberikan tugas sampai dengan mengevaluasi pembelajaran harus menggunakan bantuan koneksi internet. Cara penyampaiaan materi dan tugas biasa menggunakan whatsapp. Bentuk evaluasi yang digunakan adalah sering berbentuk pilihan ganda atau multiple choice yang menggunakan layanan google form sebagai alat untuk mengumpulkan jawaban dari peserta didik. Baik itu dalam penilaian harian ataupun ulangan semester. Sedangkan penilaian sikap masing-masing peserta didik yaitu dengan cara melihat data dari kelas 3 sebelumnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pebimbing : Dr. Moh. Agung Rokhimawan, M. Pd.,
Uncontrolled Keywords: pembelajaran daring; peserta didik
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: S.Sos Suhardi
Date Deposited: 01 Oct 2021 13:52
Last Modified: 01 Oct 2021 13:52
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/44340

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum