MANAJEMEN PEMBINAAN SANTRI DALAM MENGEMBANGKAN PRESTASI NON AKADEMIK DI PONDOK PESANTREN FASTABIQUL KHAIRAT KOLAKA TIMUR

Abd Salam, NIM.: 18204090034 (2020) MANAJEMEN PEMBINAAN SANTRI DALAM MENGEMBANGKAN PRESTASI NON AKADEMIK DI PONDOK PESANTREN FASTABIQUL KHAIRAT KOLAKA TIMUR. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MANAJEMEN PEMBINAAN SANTRI DALAM MENGEMBANGKAN PRESTASI NON AKADEMIK DI PONDOK PESANTREN FASTABIQUL KHAIRAT KOLAKA TIMUR)
18204090034_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (10MB) | Preview
[img] Text (MANAJEMEN PEMBINAAN SANTRI DALAM MENGEMBANGKAN PRESTASI NON AKADEMIK DI PONDOK PESANTREN FASTABIQUL KHAIRAT KOLAKA TIMUR)
18204090034_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Pondok Pesantren Fastabiqul Khairat meraih lebih banyak prestasi dibanding pondok lain yang ada di Kolaka Timur yang memiliki sarana dan prasarana yang lebih lengkap. Keeksistensian Pondok Pesantren Fastabiqul Khairat dalam mendulang prestasi patut diapresiasi. Keberhasilan tersebut tidak lepas dari pola pembinaan dan manajemen kegiatan ekstrakurikuler pondok pesantren dalam mengembangkan prestasi non-akademik. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji mengenai: (1) Perencanaan manajemen pembinaan santri dalam mengembangkan prestasi non akademik di pondok pesantren fastabiqul khairat. (2) Pelaksanaan manajemen pembinaan santri dalam mengembangkan prestasi non akademik di pondok pesantren fastabiqul khairat. (3) Evaluasi manajemen pembinaan santri dalam mengembangkan prestasi non akademik di pondok pesantren fastabiqul khairat. dan (4) Implikasi manajemen pembinaan santri dalam mengembangkan prestasi non akademik di Pondok Pesantren Fastabiqul Khairat. Penelitian ini dilaksanakan dengan pendekatan kualitatif, yang berlokasi di Pondok Pesantren Fastabiqul Khairat Kabupaten Kolaka Timur. Pada proses pengumpulan data, peneliti menggunakan beberapa tekhnik yaitu, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan pada bagian analisis data, menggunakan beberapa langkah-langkah sebagai berikut: mengolah dan mempersiapkan data, membaca keseluruhan data, mendeskripsisikan data, penyajian hasil analisis, dan pembuatan intepretasi hasil penelitian. Berdasarkan hasil penelitian, peneliti menemukan menejemen pembinaan santri sudah diterapkan sebagaimana yang tengah diupayakan pondok melalui kegiatan ekstrakurikuler, yaitu: (1) Perencanaan manajemen pembinaan santri meliputi: Menanamkan nilai-nilai Islam, pembentukan ekstrakurikuler terpadu, peningkatan prestasi non-akademik santri. (2) Pelaksanaan manajemen pembinaan santri meliputi: Mengadakan seleksi, pembinaan secara berkelanjutan, hari santri. (3) Evaluasi manajemen pembinaan santri dilakukan dalam beberapa tahap meliputi: Evaluasi mingguan, evaluasi bulanan, evaluasi akhir tahun yang dilaporkan kepada pimpinan pondok. Teknik evaluasinya meliputi tes tertulis dan praktek serta rapat koordinasi tim ekstrakurikuler. (4) Implikasi manajemen pembinaan santri dalam mengembangkan prestasi non-akademik dapat mencerdaskan dan melatih kemandirian santri, serta pondok pesantren dikenal masyarakat luas.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing : Dr. H. Sumedi, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Manajemen Pembinaan, Santri, Prestasi Non-akademik.
Subjects: Manajemen dan Kebijakan Pendidikan Islam
Pendidikan Islam (Pesantren) > Pondok Pesantren
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S-2) > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 14 Sep 2021 19:52
Last Modified: 14 Sep 2021 19:52
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/44353

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum