MANAJEMEN PERUBAHAN DALAM PENGEMBANGAN MUTU PENDIDIKAN PONDOK PESANTREN AL-MUKHTAR ADIPALA CILACAP

Ngaftourrohman, NIM.: 18204091005 (2021) MANAJEMEN PERUBAHAN DALAM PENGEMBANGAN MUTU PENDIDIKAN PONDOK PESANTREN AL-MUKHTAR ADIPALA CILACAP. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MANAJEMEN PERUBAHAN DALAM PENGEMBANGAN MUTU PENDIDIKAN PONDOK PESANTREN AL-MUKHTAR ADIPALA CILACAP)
18204091005_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (MANAJEMEN PERUBAHAN DALAM PENGEMBANGAN MUTU PENDIDIKAN PONDOK PESANTREN AL-MUKHTAR ADIPALA CILACAP)
18204091005_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Modernisasi memberikan dampak pada setiap tatanan kehidupan, tidak terkecuali dalam konteks pendidikan pondok pesantren. Implikasinya perubahan mutlak diperlukan agar pondok pesantren tetap eksis di tengah pusaran global. Respon pondok pesantren terhadap perubahan senyatanya pada satu sisi telah mereduksi tradisi agung yang menjadi corak ponpes. Di sisi lain, sifat eksklusif ponpes memposisikannya pada status quo yang berpotensi mendegradasi eksistensi pesantren. Oleh karenanya, perlu langkah bijak dalam mengelola perubahan tersebut. Sikap tersebut terpotret dalam slogan “al-Muḥāfaẓah ‘alā al-Qadīm alṢālih wa al-akhżu bi al-Jadīd al-Aṣlaḥ”. Al-Mukhtar Adipala Cilacap merupakan pondok pesantren semi-modern yang sedang berupaya menemukan potret ideal dalam manajemen perubahan untuk meningkatan mutu pendidikan di dalamnya. Kendati animo masyarakat untuk “memondokkan” anaknya di sana semakin meningkat, namun secara aplikatif masih ditemukan beberapa problem dalam manajemen perubahan di dalamnya, salah satunya berkaitan dengan proses input, public retations, dan sumber daya finansial. Oleh karenanya, kajian ini hendak mengkaji lebih dalam berkaitan dengan manajemen perubahan dalam pengembangan mutu pendidikan ponpes Al-Mukhtar Adipala Cilacap. Kajian ini bercorak kualitatif deskriptif. Pengumpulan data menggunakan tekhnik observasi, dokumentasi dan wawancara. Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman yang terdiri dari reduksi, presentasi dan interpretasi data, serta penarikan kesimpulan. Sementara uji keabsahan data menggunakan triangulasi pada sumber, metode, dan teori. Diskusi dengan teman sejawat merupakan metode dalam menguji kredibilitas data. Adapun untuk uji dependability dan confirmability penulis meminta dosen pembimbing untuk memeriksa secara komprehensif penelitian ini. Berdasarkan kajian yang telah dilakukan, dapat diambil kesimpulan bahwa: 1) Proses pilihan (the choice process) perubahan pondok pesantren AlMukhtar Adipala Cilacap mencakup tiga elemen: konteks organisasional yang diidentifikasi dengan analisis SWOT; fokus perubahan yang merujuk pada peningkatan kompetensi pengetahuan umum dan penguasaan kitab kuning; lintasan organisasional yang ditentukan dalam rapat kerja; 2) Proses lintasan perubahan pondok pesantren Al-Mukhtar Adipala Cilacap tiga komponen primer yaitu: pembenahan visi, pembentukan sistem pendidikan (terdiri dari program kurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler), dan evaluasi yang dilakukan secara berkala; 3) proses perubahan yang secara aplikatif terlihat dari input, proses, dan output pendidikan pondok pesantren Al-Mukhtar Adipala Cilacap.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Sumedi, M.Ag.,
Uncontrolled Keywords: Manajemen Perubahan, Pengembangan Mutu, Pondok Pesantren AlMukhtar Adipala Cilacap
Subjects: Manajemen dan Kebijakan Pendidikan Islam
Pendidikan Islam (Pesantren) > Pondok Pesantren
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S-2) > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 14 Sep 2021 20:25
Last Modified: 14 Sep 2021 20:25
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/44361

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum