REINTERPRETASI HADIS MENGUBAH CIPTAAN DALAM KONTEKS KECANTIKAN PEREMPUAN ANALISIS PENDEKATAN MA’NA-CUM-MAGHZA

Mitha Mahdalena Efendi, NIM.: 18205010023 (2021) REINTERPRETASI HADIS MENGUBAH CIPTAAN DALAM KONTEKS KECANTIKAN PEREMPUAN ANALISIS PENDEKATAN MA’NA-CUM-MAGHZA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (REINTERPRETASI HADIS MENGUBAH CIPTAAN DALAM KONTEKS KECANTIKAN PEREMPUAN ANALISIS PENDEKATAN MA’NA-CUM-MAGHZA)
18205010023_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (REINTERPRETASI HADIS MENGUBAH CIPTAAN DALAM KONTEKS KECANTIKAN PEREMPUAN ANALISIS PENDEKATAN MA’NA-CUM-MAGHZA)
18205010023_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Kecantikan maupun keindahan merupakan suatu hal yang biasa dikaitkan dengan perempuan. Tak jarang pada saat ini banyak sekali dijumpai cara ataupun hal-hal yang dilakukan perempuan demi mendapat predikat cantik, salah satunya seperti menyambung rambut, mengikir atau meregangkan gigi, operasi plastik dan lain sebagainya, yang mana merupakan suatu hal yang dilarang bahkan dihukumi haram. Fenomena kecantikan seperti ini sebenarnya menjadi sebuah perhatian karena pada kenyataannya beberapa orang mengalami perubahan yang signifikan dari yang senyatanya, salah satunya ialah terkait perubahan bentuk atau merubah ciptaan Allah Swt. Pada riset sebelumnya menyatakan bahwa yang termasuk kedalam merubah ciptaan ialah operasi plastik. Pada penelitian ini peneliti akan mengkaji perihal merubah ciptaan pada aspek umum kecantikan yang dilakukan oleh kaum perempuan, tidak hanya operasi plastik saja, melainan make up, sulam alis maupun bibir, dan hal lainnya pun termasuk kedalam salah satu bagian dari merubah bentuk. Oleh karenanya, adanya penelitian ini perlu untuk dilakukan mengingat semakin canggih teknologi dalam setiap perkembangan zamannya yang dapat menghasilkan beberapa bentuk maupun produk kecantikan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah ma’na> cum maghza> dalam menemukan makna ataupun mengungkap pesan yang tersirat dalam hadis tersebut yang kemudian dikontekstualisasikan dengan fenomena yang terjadi pada saat ini. Tentunya dengan melakukan beberapa langkah seperti mengumpulkan hadis-hadis yang setema terkait merubah ciptaan Allah. Kemudian setelah melakukan pengumpulan terhadap hadis-hadis yang setema, maka dilakukan takhrij hadis dan i’tibar untuk mempermudah dalam menghasilkan data-data yang dibutuhkan penulis. Melakukan analisa kebahasaan dan kajian sosio historis, dengan menentukan kata kunci dari hadis tersebut dan melakukan kajian terhadap sosio historis dari hadis tersebut. Biasanya disebut sebagai sebab makro dan mikro. Melakukan analisa mendalam terhadap isu-isu kontemporer yang terjadi pada saat ini terkait merubah ciptaan. Melakukan kontekstualisasi terhadap maghza atau pesan yang terkandung dalam hadis merubah ciptaan guna menjawab pertanyaan atas problematika pada saat ini. Dari penelitian ini setidaknya menghasilkan bahwa hadis merubah ciptaan berkaitan dengan himbauan kepada kita untuk lebih berhati-hati dalam menerima berita yang belum pasti kebenarannya, terlebih jika berita tersebut bertujuan untuk menjelekkan orang yang terlibat didalamnya. Selain itu hadis ini mengajarkan kita untuk tidak mengikuti hal-hal yang tidak baik sebagaimana yang dilakukan oleh kaum Yahudi. Jika kita perhatikan dengan keadaan saat ini, banyak sekali trend yang seringkali menjadi contoh gaya hidup seseorang khususnya bagi perempuan yang terkadang hal itu bisa merugikan dirinya sendiri.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Nurun Najwah, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Kecantikan Perempuan, Ma’na Cum Maghza, Merubah Ciptaan
Subjects: Agama Dan Filsafat
Hadis
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Aqidah dan Filsafat Islam (S2) > Studi al Qur'an dan Hadits
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 15 Sep 2021 00:10
Last Modified: 15 Sep 2021 00:10
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/44366

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum