STRATEGI ADAPTASI MAHASISWA DALAM PEMBELAJARAN DARING DI ERA PANDEMI COVID-19 (Studi Pada Mahasiswa Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga)

Muhammad Nur Setyo Pambudi, NIM 17107020036 (2021) STRATEGI ADAPTASI MAHASISWA DALAM PEMBELAJARAN DARING DI ERA PANDEMI COVID-19 (Studi Pada Mahasiswa Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STRATEGI ADAPTASI MAHASISWA DALAM PEMBELAJARAN DARING DI ERA PANDEMI COVID-19 (Studi Pada Mahasiswa Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga))
17107020036_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (STRATEGI ADAPTASI MAHASISWA DALAM PEMBELAJARAN DARING DI ERA PANDEMI COVID-19 (Studi Pada Mahasiswa Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga))
17107020036_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Adanya pandemi Covid – 19 membuat institusi pendidikan mengubah sistem pendidikannya yang tadinya secara konvensional berubah menjadi daring. UIN Sunan Kalijaga merupakan salah satu institusi yang menerapkan pembelajaran secara daring. Perubahan dari pembelajaran secara konvensional ke daring menimbulkan banyak tantangan dan hambatan. Hal tersebut dikarenakan pandemi Covid – 19 datang secara tiba – tiba, sehingga institusi pendidikan termasuk UIN Sunan Kalijaga belum mempersiapkan akibat yang ditimbulkannya. Penerapan pembelajaran daring yang ada di UIN Sunan Kalijaga secara tidak langsung merubah kebiasaan yang ada di dalam lingkungan kampus. Mahasiswa sebagai salah satu civita akademika merasakan hal yang serupa. Mahasiswa dituntut untuk beradaptasi dengan situasi dan kondisi selama Covid – 19. Strategi adaptasi tiap mahasiswa akan berbeda – beda tergantung dengan habitus dan lingkungannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk strategi yang dilakukan oleh mahasiswa dalam menjalani pembelajaran daring. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori habitus dan lingkungan dari Pierre Bourdieu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini mengambil informan sebanyak lima orang mahasiswa dengan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahwa penerapan pembelajaran daring yang ada di UIN Sunan Kalijaga menimbulkan berbagai permasalahan bagi mahasiswa. Adapun permasalahan yang dialami oleh mahasiswa yaitu akses jaringan internet yang sulit, permasalahan dengan dosen, platform yang digunakan hingga lingkungan mahasiswa yang tidak kondusif. Adapun strategi yang digunakan mahasiswa dalam mengatasi permasalahan tersebut yaitu dengan meminta bantuan teman atau keluarga, komunikasi dengan dosen hingga mencari sumber jaringan internet. Berbagai permasalahan dan strategi yang dilakukan mahasiswa dalam pembelajaran daring berbeda – beda. Perbedaan yang ada disebabkan oleh habitus dan lingkungan mahasiswa yang berkaitan dengan apa yang ada di dalam dan di luar pemikiran mahasiswa itu sendiri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Astri Hanjarwati, S.Sos., M.A
Uncontrolled Keywords: strategi adaptasi, covid – 19, habitus mahasiswa, pembelajaran daring
Subjects: Sosiologi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Sosiologi (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 14 Sep 2021 23:44
Last Modified: 14 Sep 2021 23:44
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/44380

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum