DISPARITAS PIDANA DALAM TINDAK PIDANA MENYEBABKAN KEMATIAN KARENA KELALAIAN (STUDI ATAS PUTUSAN NOMOR 139/PID.B/2019/PN.BTG DAN NOMOR 155/PID.B/2018/PN.BTG)

Ibnu Alfakhurozi, NIM.: 13340042 (2020) DISPARITAS PIDANA DALAM TINDAK PIDANA MENYEBABKAN KEMATIAN KARENA KELALAIAN (STUDI ATAS PUTUSAN NOMOR 139/PID.B/2019/PN.BTG DAN NOMOR 155/PID.B/2018/PN.BTG). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (DISPARITAS PIDANA DALAM TINDAK PIDANA MENYEBABKAN KEMATIAN KARENA KELALAIAN (STUDI ATAS PUTUSAN NOMOR 139/PID.B/2019/PN.BTG DAN NOMOR 155/PID.B/2018/PN.BTG))
13340042_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (15MB) | Preview
[img] Text (DISPARITAS PIDANA DALAM TINDAK PIDANA MENYEBABKAN KEMATIAN KARENA KELALAIAN (STUDI ATAS PUTUSAN NOMOR 139/PID.B/2019/PN.BTG DAN NOMOR 155/PID.B/2018/PN.BTG))
13340042_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Kematian akibat kecelakaan lalu lintas merupakan masalah serius yang dihadapi banyak negara, dimana kecelakaan lalu lintas merupakan salah satu penyebab kematian tertinggi di dunia. Seperti kebanyakan negara, Indonesia menghadapi masalah yang sama. Persoalan hukum pemidanaan terkait dengan kelalaian yang mengakibatkan kematian menjadi sangat penting dalam keseluruhan proses hukum, terutama dalam hal penegakan hukum. Oleh karena itu hakim yang memiliki kewenangan dan kebebasan untuk menentukan berat ringanya perkara merupakan faktor penting dalam penegakan hukum. Namun, kebebasan hakim tersebut membuat hakim memberikan putusan yang berbeda meskipun menangani tindak pidana yang sama, hal ini dikarenakan berbagai faktor yang mempengaruhi hakim dalam pengambilan keputusan, seperti peraturan perundang-undangan, keilmuan hakim, kebijaksanaan hakim dan faktor lainnya, sangat menentukan dalam pengambilan keputusan. Faktor-faktor tersebut sangat penting sehingga dapat menyebabkan adanya disparitas. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kepustakaan kemudian dianalisis dengan data kualitatif dimana isi dibuat dan susun secara sistematik dan menyeluruh. Analisis disini dimaksudkan untuk menggambarkan semua data yang diperoeh yang berkaitan dengan judul penelitian secara jelas dan rinci guna menjawab permasalahan yang ada. Hasil penelitian ini menunjukan pertimbangan hakim dalam memberikan putusan dibagi menjadi dua yaitu bersifat yuridis seperti dakwaan JPU, keterangan terdakwa, keteranga saksi, barang bukti dan pasal-pasal yang terkait dengan kasus ini, dan yang bersifat non yuridis seperti hal-hal yang memberatkan dan meringankan. Dari analisis yang dilakukan terhadap kedua putusan, yang menjadi penyebab adanya disparitas pemidanan dalam perkara ini adalah Majelis hakim yang berbeda pada masing-masing putusan dan perbedaan dasar pertimbangan hakim dalam memutuskan perkara seperti tuntutan Jaksa Penuntut Umum, hal-hal yang memberatkan, hal-hal yang meringankan, serta status terdakwa. Perbedaan pada hal tersebut yang menjadi penyebab atas adanya perbedaan masa hukuman pidana antara putusan nomor 139/Pid.B/2019/PN.Btg dan nomor 155/Pid.B/2018/PN.Btg tentang kelalaian yang menyebabkan kematian.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. H. Ahmad Bahiej, S.H., M.Hum
Uncontrolled Keywords: pemidanaan; kelalaian perbuatan; tindak pidana
Subjects: Hukum Islam > Pidana Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Islam (S-1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 15 Sep 2021 08:35
Last Modified: 15 Sep 2021 08:35
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/44385

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum