PENGARUH WANITA KARIR TERHADAP KEHARMONISAN RUMAH TANGGA ( STUDI PANDANGAN AKTIVIS FEMINIS DI MITRA WACANA YOGYAKARTA)

Arya Mandala Putra Setiawan, NIM.: 13350019 (2020) PENGARUH WANITA KARIR TERHADAP KEHARMONISAN RUMAH TANGGA ( STUDI PANDANGAN AKTIVIS FEMINIS DI MITRA WACANA YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH WANITA KARIR TERHADAP KEHARMONISAN RUMAH TANGGA ( STUDI PANDANGAN AKTIVIS FEMINIS DI MITRA WACANA YOGYAKARTA))
13350019_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH WANITA KARIR TERHADAP KEHARMONISAN RUMAH TANGGA ( STUDI PANDANGAN AKTIVIS FEMINIS DI MITRA WACANA YOGYAKARTA))
13350019_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang Pengaruh Wanita Karir Terhadap Keharmonisan Rumah Tangga. Para wanita karir sering menghadapi konflik peran ganda pada tingkat keluarga dan pekerjaan. Pada tingkat keluarga, wanita karir akan mengahadapi konflik dengan suaminya mengenai perannya sebagai seorang ibu dan dalam bidang pekerjaan wanita karir juga dituntut menjadi pekerja yang profesionalitas dan lebih mengutamakan pekerjaan diatas permasalahan lainnya. Perubahan demografi tenaga kerja seperti peningkatan jumlah perempuan bekerja dan pasangan suami istri yang keduanya bekerja telah meningkatkan hubungan ketergantungan antara pekerjaan dan keluarga serta mendorong konflik antara tuntutan pekerjaan dan keluarga. Konflik peran ganda berhubungan sangat kuat dengan depresi dan kecemasan yang diderita oleh perempuan dibandingkan oleh laki-laki. Hal ini berhubungan dengan peran tradisional yang hingga kini tidak bisa dihindari, yaitu tanggung jawab dalam mengatur rumah tangga dan membesarkan anak. Meskipun konflik peran ganda meupakan masalah bagi lakilaki maupun perempuan, masalah tersebut tetap saja memberikan tanggung jawab tambahan bagi perempuan yang memiliki keluarga dan bekerja. Sumber utama konflik peran ganda yang dihadapi oleh perempuan bekerja pada umumnya adalah usahanya dalam membagi waktu atau menyeimbangkan tuntutan pekerjaan dan tuntutan keluarganya. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menjadikan pandangan aktivis Mitra Wacana sebagai objek pembahasan, kemudian pandangan para aktivis dianalisis dengan pendekatan teori gender. Kajian dalam penelitian ini membahas dua permasalahan. Pertama, pandangan aktivis Mitra Wacana tentang wanita karir. Kedua, pandangan aktivis Mitra Wacana tentang pengaruh wanita karir terhadap keharmonisan rumah tangga. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dengan cara melakukan wawancara terhadap 3 pengurus dari Mitra Wacana. Adapun hasil penelitian ini terdapat dua temuan yaitu, pertama, aktivis Mitra Wacana secara keseluruhan berpendapat bahwa wanita karir adalah wanita yang aktif di ranah publik, baik itu mencari jenjang karir atau memanfaatkan keahlian untuk bekerja di luar rumah tangga. Kedua, adapun pengaruh wanita karir terhadap keharmonisan rumah tangga menurut aktivis Mitra Wacana adalah bagaimana pola relasi dan kemitraan yang dibangun dalam rumah tangga tersebut. Keharmonisan dalam rumah tangga tidak hanya bergantung kepada status istri adalah seorang wanita karir atau tidak, tetapi juga bergantung pada pola relasi yang dibangun oleh suami istri tersebut di dalam rumah tangga mereka. Apabila pola relasi yang dibangun adalah kemitraan yang seimbang, maka akan semakin terbuka lebar jalan untuk menuju keluarga yang harmonis dan sejahtera.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Samsul Hadi., M.Ag
Uncontrolled Keywords: Kesetaraan gender; keluarga; perempuan
Subjects: Wanita Dalam Keluarga
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Islam (S-1) > Hukum Keluarga
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 15 Sep 2021 12:58
Last Modified: 15 Sep 2021 12:58
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/44393

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum