IMPLEMENTASI PROGRAM KOKURIKULER JURNAL SHALAT SEBAGAI UPAYA PEMBENTUKAN SIKAP DISIPLIN SISWA KELAS VIII DI SMPN 3 PATEAN KENDAL TAHUN AJARAN 2020/2021

SUNDARI, NIM. 14410038 (2021) IMPLEMENTASI PROGRAM KOKURIKULER JURNAL SHALAT SEBAGAI UPAYA PEMBENTUKAN SIKAP DISIPLIN SISWA KELAS VIII DI SMPN 3 PATEAN KENDAL TAHUN AJARAN 2020/2021. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI PROGRAM KOKURIKULER JURNAL SHALAT SEBAGAI UPAYA PEMBENTUKAN SIKAP DISIPLIN SISWA KELAS VIII DI SMPN 3 PATEAN KENDAL TAHUN AJARAN 2020/2021)
14410038_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI PROGRAM KOKURIKULER JURNAL SHALAT SEBAGAI UPAYA PEMBENTUKAN SIKAP DISIPLIN SISWA KELAS VIII DI SMPN 3 PATEAN KENDAL TAHUN AJARAN 2020/2021)
14410038_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini yaitu masalah karakter yang selalu menjadi isu pendidikan dimana karakter generasi yang mengalami degadrasi. Hal ini dapat dilihat dari kurangnya kedisiplinan siswa terhadap aturan sekolah maupun tanggung jawab terhadap kewajiban shalat. SMPN 3 Patean Kendal menerapkan jurnal shalat untuk mengatasi permasalahan kedisiplinan siswa dengan menerapkan jurnal shalat. Tujuan dari penelitian ini yaitu: 1) mendeskripsikan implementasi program kokurikuler jurnal shalat di SMPN 3 Patean, 2) menganalisis dampak implementasi jurnal shalat sebagai upaya pembentukan sikap disiplin siswa kelas VIII. Penelitian ini yakni penelitian lapangan yang bersifat kualitatif. Subjek dari penelitian ini adalah Kepala Sekolah SMPN 3 Patean Kendal, Siswa kelas VIII SMPN 3 Patean Kendal, guru Pendidikan Agama Islam. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan reduksi data, menyajikan data, serta verifikasi d an penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini yaitu: 1) kokurikuler jurnal shalat sebagai program di SMPN 3 Patean Kendal dilaksanakan oleh siswa setiap hari dengan mengisi lembaran jurnal shalat yang berisi pernyataan telah melaksanakan shalat dengan pilihan kolom ya dan tidak. Jurnal shalat di serahkan kepada guru PAI setiap minggu terdapat reaword yang berupa poin nilai. 2) implementasi dari program kokurikuler jurnal shalat sebagai program di SMPN 3 Patean berdampak positif terhadap sikap disiplin siswa yang meliputi aspek disiplin ibadah, disiplin waktu dan disiplin diri. Faktor pendukung mplmentasi program kokurikuler jurnal shalat antara lain kewajiban siswa, motivasi siswa dan dukungan dari orang tua. faktor penghambatnya berupa kemalasan siswa, ketidakkonsistenan, serta ketidakjujuran siswa dalam mengisi jurnal shalat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Sri Purnami S.Psi., M.A
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Jurnal Shalat, Disiplin.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 15 Sep 2021 23:17
Last Modified: 15 Sep 2021 23:17
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/44424

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum