NILAI-NILAI KEPEMIMPINAN DALAM BUKU MENDIDIK PEMENANG BUKAN PECUNDANG KARYA J. SUMARDIANTA DAN RELEVANSINYA DENGAN KOMPETENSI KEPEMIMPINAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

FERI SOLEHA, NIM. 14410052 (2021) NILAI-NILAI KEPEMIMPINAN DALAM BUKU MENDIDIK PEMENANG BUKAN PECUNDANG KARYA J. SUMARDIANTA DAN RELEVANSINYA DENGAN KOMPETENSI KEPEMIMPINAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
14410052_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text (NILAI-NILAI KEPEMIMPINAN DALAM BUKU MENDIDIK PEMENANG BUKAN PECUNDANG KARYA J. SUMARDIANTA DAN RELEVANSINYA DENGAN KOMPETENSI KEPEMIMPINAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM)
14410052_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (NILAI-NILAI KEPEMIMPINAN DALAM BUKU MENDIDIK PEMENANG BUKAN PECUNDANG KARYA J. SUMARDIANTA DAN RELEVANSINYA DENGAN KOMPETENSI KEPEMIMPINAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM)
14410052_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah ditengah –tengah perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) yang begitu cepat dan semakin canggih sebagian generasi muda mengalami kemerosotan moral atau karakter diantara lain pergaulan bebas, tawuran, dan aneka perilaku yang kurang terpuji lainnya. oleh karena itu, kompetensi kepemimpinan harus dimiliki guru Pendidikan Agama Islam untuk medidik dan mengarahkan siswa guna tercapainya tujuan dari pendidikan yaitu berbudi pekerti yang luhur. J. Sumardianta mengawali bagian pertama dengan seorang kaisar yang tidak mau mengakui telah dibohongi oleh dua orang penipu hanya karena takut dianggap bodoh. Itulah pengibaratan yang digunakan oleh penulis tentang carut marut sistem pendidikan di Indonesia. Salah satu contohnya adalah tentang sistem penilaian. Siswa, orang tua, bahkan guru takut mengakui bahwa nilai tinggi yang dimiliki oleh siswa sesungguhnya tidak mampu mencerminkan kompetensi yang dimiliki. Karena nilai tinggi tersebut lebih berdasarkan pada aspek kognitif, yang diperoleh dengan metode hafalan. Sedangkan aspek afektif dan psikomotor kurang diperhatikan. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan yang meneliti sebuah buku berjudul Mendidik Pemenang Bukan Pecundang karya J. Sumardianta yang diteliti menggunakan metode analisis teks. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan: relevansi nilai kepemimpinan dalam buku Mendidik Pemenang Bukan Pecundang terhadap kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam adalah seorang guru hendaknya dapat memiliki perencanaan yang matang dalam proses pembelajaran agar pembelajaran menjadi terarah dan dapat menarik peserta didik agar merasa senang ketika pembelajaran sedang berlangsung, guru pendidikan agama islam harus aktif dalam organisasi sekolah untuk membantu mengawasi peserta didik dan membantu melatih mental berbicara didepan publik, guru pendidikan agama islam harus siap dalam memecahkan masalah-masalah yang timbul dari peserta didik dengan orang tuanya dan juga mempunyai kemampuan membangun komunikasi yang baik untuk dapat membuat peserta didik dapat bekerja sama dengan bermacam-macam manusia

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Nur Hamidi, MA
Uncontrolled Keywords: Nilai Kepemimpinan, Kompetensi Kepemimpinan, Guru Pendidikan Agama Islam
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 15 Sep 2021 23:33
Last Modified: 15 Sep 2021 23:33
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/44425

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum