PENGARUH HASIL BELAJAR AQIDAH AKHLAK TERHADAP PERILAKU BERBUSANA MUSLIMAH DI LUAR LINGKUNGAN MADRASAH MAN 2 YOGYAKARTA KELAS XI

NURHAKIM, NIM: 14410091 (2021) PENGARUH HASIL BELAJAR AQIDAH AKHLAK TERHADAP PERILAKU BERBUSANA MUSLIMAH DI LUAR LINGKUNGAN MADRASAH MAN 2 YOGYAKARTA KELAS XI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH HASIL BELAJAR AQIDAH AKHLAK TERHADAP PERILAKU BERBUSANA MUSLIMAH DI LUAR LINGKUNGAN MADRASAH MAN 2 YOGYAKARTA KELAS XI)
14410091_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH HASIL BELAJAR AQIDAH AKHLAK TERHADAP PERILAKU BERBUSANA MUSLIMAH DI LUAR LINGKUNGAN MADRASAH MAN 2 YOGYAKARTA KELAS XI)
14410091_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah dalam islam tidak hanya menjadikan busana sebagai penutup tubuh saja, namun busana menjadi sarana yang lengkap dan menyeluruh, di dalamnya Islam menentukan ketentuan berbusana bagi perempuan. Namun, pada zaman sekarang model pakaian telah berkembang dengan pesat dan banyak model baru yang muncul pada dunia fashion yang menjadi trend masa kini, termasuk dalam busana muslimah berupa jilbab atau hijab. Dewasa ini, penulis mengamati cara berpakaian siswi di madrasah maupun di luar madrasah cenderung keluar dari jalurnya dan cenderung memakai pakaian yang ketat dan transparan. Adanya pendidikan, diharapkan siswi mampu memahami, mengerti serta menginterpretasikan ilmu ke dalam perilaku sehari-hari, khususnya dalam perilaku berbusana muslimah. Penelitian ini memiliki tujuan untuk (1) mendeskripsikan hasil belajar aqidah akhlak siswi MAN 2 Yogyakarta, (2) mendeskripsikan perilaku berbusana muslimah di luar lingkungan madrasah siswi MAN 2 Yogyakarta, (3) mengetahui pengaruh antara hasil belajar aqidah akhlak dengan perilaku berbusana muslimah siswi di luar lingkungan madrasah kelas XI MAN 2 Yogyakarta Tahun ajaran 2020/2021. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif (deskriptif). Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data berupa metode wawancara, angket, dokumentasi dan observasi. Penelitian ini memiliki populasi siswi kelas XI berjumlah 53 orang. penentuan jumlah sampel menggunakan teknik random sampling dengan menggunakan rumus slovin. Teknik pengumpulan data dengan memberi kuesioner pada peserta didik dan dokumentasi. Pengujian analisis data menggunakan uji validitas, reliabilitas, uji normalitas, uji linieritas, uji korelasi dan uji regresi linier. Hasil dari penelitian ini adalah pelaksanaan pembelajaran dan hasil belajar aqidah akhlak MAN 2 Yogyakarta berada dalam kategori baik dengan skor rata-rata 85,8. Tingkat perilaku berbusana muslimah di MAN 2 Yogyakarta berada dalam kategori tinggi dengan skor rata-rata 63,45. Berdasarkan analisis regresi dapat diketahui bahwa terdapat pengaruh positif antara hasil belajar aqidah akhlak dengan perilaku berbusana muslimah di luar lingkungan madrasah siswi MAN 2 Yogyakarta. Besar pengaruh hasil belajar aqidah akhlak adalah sebesar 59,1%, sedangkan 40,9% dipengaruhi oleh faktor lain.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Sukiman, S.Ag., M.Pd
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, aqidah akhlak, perilaku berbusana
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 15 Sep 2021 23:40
Last Modified: 15 Sep 2021 23:40
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/44426

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum