UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN GURU PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN DALAM PROSES INTERNALISASI NILAI BUDAYA RELIGIUS DI SMP NEGERI 2 SLEMAN

KUSUMA YUDHA, NIM. 14410105 (2021) UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN GURU PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN DALAM PROSES INTERNALISASI NILAI BUDAYA RELIGIUS DI SMP NEGERI 2 SLEMAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN GURU PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN DALAM PROSES INTERNALISASI NILAI BUDAYA RELIGIUS DI SMP NEGERI 2 SLEMAN)
14410105_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN GURU PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN DALAM PROSES INTERNALISASI NILAI BUDAYA RELIGIUS DI SMP NEGERI 2 SLEMAN)
14410105_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (0B)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah realitas budaya religius yang masih belum dapat dihayati oleh peserta didik, mereka belum sepenuhnya melaksanakan dan membiasakan nilai-nilai yang telah diajarkan oleh guru. Kemudian yang menjadi permasalahan adalah bagaimana upaya Guru PAI dan Guru PAKR dalam proses internalisasi nilai budaya religius di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, mendeskripsikan, dan menganalisis komparasi upaya Guru PAI dan Guru PAKR dalam proses internalisasi nilai budaya religius di SMP Negeri 2 Sleman. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan mengambil latar SMP Negeri 2 Sleman. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan psikologi. Subjek penelitian adalah Guru PAI dan Guru PAKR serta kepala sekolah, peserta didik beragama Islam dan peserta didik beragama Kristen. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah model Miles dan Huberman, sedangkan untuk mendapatkan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Upaya Guru PAI dalam proses internalisasi nilai budaya religius di SMP Negeri 2 Sleman dilakukan melalui proses pembelajaran di dalam kelas, proses pembelajaran di luar kelas, dan pengembangan diri. Sedangkan upaya Guru PAKR juga dilakukan melalui proses pembelajaran di dalam kelas, proses pembelajaran di luar kelas, dan pengembangan diri. (2) Persamaan upaya Guru PAI dan Guru PAKR dalam proses internalisasi nilai budaya religius di SMP Negeri 2 Sleman terletak pada konsep dan urgensi, tolok ukur keberhasilan, antusiasme, dan tindakan pembinaan. Sedangkan perbedaannya terletak pada tujuan, kendala dan cara mengatasi, metode dan pendekatan, dan strategi. Adapun kelebihan upaya Guru PAI dalam proses internalisasi nilai budaya religius di SMP Negeri 2 Sleman, yaitu mudah mengaplikasikan beragam strategi. Sedangkan kelebihan upaya Guru PAKR, yaitu pengondisian peserta didik lebih mudah dan memanfaatkan penggunaan beragam strategi. Sementara itu, kekurangan upaya Guru PAI dalam proses internalisasi nilai budaya religius di SMP Negeri 2 Sleman, yaitu pengondisian peserta didik lebih sulit dan kurang memanfaatkan penggunaan beragam strategi. Sedangkan kekurangan upaya Guru PAKR, yaitu sulit mengaplikasikan beragam strategi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. M. Agung Rokhimawan, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dan Guru Pendidikan Agama Kristen, Internalisasi Nilai, Budaya Religius
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 16 Sep 2021 00:00
Last Modified: 16 Sep 2021 00:00
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/44427

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum