PENERAPAN METODE DISKUSI PADA PEMBELAJARAN FIQIH DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SANTRI PONDOK PESANTREN DARUL ULUM WAL HIKAM (PP. DAWAM) YOGYAKARTA

Robi Firmansyah, NIM: 14410195 (2021) PENERAPAN METODE DISKUSI PADA PEMBELAJARAN FIQIH DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SANTRI PONDOK PESANTREN DARUL ULUM WAL HIKAM (PP. DAWAM) YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN METODE DISKUSI PADA PEMBELAJARAN FIQIH DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SANTRI PONDOK PESANTREN DARUL ULUM WAL HIKAM (PP. DAWAM) YOGYAKARTA)
14410195_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN METODE DISKUSI PADA PEMBELAJARAN FIQIH DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SANTRI PONDOK PESANTREN DARUL ULUM WAL HIKAM (PP. DAWAM) YOGYAKARTA)
14410195_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Suatu proses pembelajaran dapat dikatakan baik atau efektif ketika adanya hubungan timbal balik antara guru dan peserta didik. Banyak faktor yang menjadikan pembelajaran berhasil maupun gagal, salah satunya penerapan metode yang sesuai dengan karakter peserta didik. Pembelajaran Fiqih dengan metode diskusi di Pondok Pesantren Darul Ulum Wal Hikam merupakan salah satu terobosan baru yang diterapkan di pondok ini guna menjadikan para santri yang juga berstatus mahasiswa lebih aktif dalam mengikuti pembelajaran serta dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis para santri dalam memecahkan masalah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan sejauh mana keefektifan pembelajaran Fiqih dengan metode diskusi dalam meningkatkan kemampuan santri Pondok Pesantren Darul Ulum Wal Hikam. Dan untuk mengetahui apa saja faktor pendukung maupun penghambat dalam pelaksanaan pembelajaran Fiqih dengan metode diskusi dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis santri Pondok Pesantren Darul Ulum Wal Hikam. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang menggunakan jenis penelitian lapangan deskriptif kualitatif, dan dengan pengumpulan data yang menggunakan Metode Observasi, Wawancara, Dokumentasi. Adapun analisis datanya menggunakan langkah-langkah reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Dari penelitian yang dilakukan di pondok pesantren DAWAM, hasil yang diperoleh yaitu (1) proses penerapan pembelajaran Fiqih dengan metode diskusi di pondok Dawam memiliki beberapa tahap sebelum pelaksanaannya. Yaitu seperti pemaknaan kitab, musyawarah kelompok kecil, dan lain sebagainya. (2) pembelajaran Fiqih dengan metode diskusi di pondok DAWAM terbukti mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis santri. Hal ini terlihat dari proses pembelajaran yang aktif di mana para santri saling bertukar pendapat dalam memecahkan suatu masalah yang muncul dalam forum diskusi. Selain itu terdapat beberapa indikator berpikir kritis yang terlihat dalam kegiatan diskusi yaitu, kemampuan mengenal dan memecahkan masalah, kemampuan menganalisis, kemampuan mensintesis, kemampuan mengevaluasi dan menilai, kemampuan menyimpulkan. (3) Faktor pendukung dan penghambat antara lain : Riwayat pendidikan ustaz}, pembelajaran aktif, materi pembelajaran yang menarik, berlakunya sistem ta’zi>r. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu: pembelajaran yang tidak tepat waktu, dan kurangnya pemahaman para santri mengenai kaidah pembacaan kitab.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. H. Rofik, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Fiqih, Diskusi, Berfikir Kritis
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 16 Sep 2021 08:45
Last Modified: 16 Sep 2021 08:45
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/44428

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum