IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DENGAN DARING PADA SISWA TUNANETRA DI MTS LB/A YAKETUNIS YOGYAKARTA TAHUN 2020/2021

MUHAMMAD ABDUL JAFAR, NIM: 14420067 (2021) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DENGAN DARING PADA SISWA TUNANETRA DI MTS LB/A YAKETUNIS YOGYAKARTA TAHUN 2020/2021. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DENGAN DARING PADA SISWA TUNANETRA DI MTS LB/A YAKETUNIS YOGYAKARTA TAHUN 2020/2021)
14420067_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DENGAN DARING PADA SISWA TUNANETRA DI MTS LB/A YAKETUNIS YOGYAKARTA TAHUN 2020/2021)
14420067_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh pembelajaran di sekolah yang biasanya dilakukan dengan tatap muka kemudian pada saat ini harus dilakukan dengan daring/ dalam jaringan. Pembelajaran daring ini dilakukan dikarenakan adanya wabah yang sedang melanda dunia yang akhirnya berdampakpadasemua sektor kehidupan. Oleh karena itu penelitian ini dilakukan dengan tujuan mengetahui bagaimana Implementasi Pembelajaran khususnya Pembelajaran Bahasa Arab dengan daring di MTs LB/A Yaketunis Yogyakarta. Penelitian ini mengunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif. Kemudian objek dari penelitian ini merupakan pembelajaran Bahasa arab di MTs LB/A Yaketunis. Adapun sumber data penelitian ini didapatkan melalui Teknik wawancara dan dokumentasi, dengan objek wawancara guru pengampu mata pelajaran Bahasa Arab, kepala Madrasah, dan juga siswa MTs LB/A Yaketunis Yogyakarta. Keabsahan data penelitian ini menggunakan teknik triangulasi dan tahapan analisis data yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini memaparkan bahwa pembelajaran Bahasa arab di MTs LB/A Yaketunis tatap muka dan daring sangat berbeda dalam hal proses pembelajaran yang meliputi perencanaan, pembuatan bahan ajar, pemilihan metode, pemilihan media, 3dan evaluasi pembelajaran. Selain itu pembelajaran Bahasa arab ketika daring tentu mempunyai hambatan yang lebih banyak dalam proses pembelajaranya. Adapun implementasi pembelajaran Bahasa arab dengan daring di MTs LB/A Yaketunis, guru telah melakuka perencanaan pembelajaran yang sesuai dengan pembelajaran daring. Selain itu guru membuat bahan ajar dengan mempertimbangkan kebutuhan serta keterbatasan dari siswa tunanetra. Kemudian guru memilih metode mobile learning danmedia pembelajaran whatsapp dengan alasan memudahkan guru dan siswa untuk melakukan pembelajaran. Sehingga pembelajaran tetap berlangsung dan efektif walaupun terdapat juga beberapa hambatan. Adapun hambatan dari pembelajaran Bahasa arab dengan daring diatnaranya adalah kurangnya fasilitas dan jaringan internet, kurangnya fasilitas alat tulis brailepada siswa, kemudian fitur pembaca layar pada smartphone yang tidak bisa membaca tulisan arab dengan benar, kemudian guru kesusahan dalam mengevaluasi hasil belajar siswa, dan juga susahnya Pendidikan karakter ketika pembelajaran Bahasa arab daring.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. H. Maksudin, M.Ag
Uncontrolled Keywords: bahasa arab, pendidikan
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 16 Sep 2021 08:58
Last Modified: 16 Sep 2021 08:58
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/44430

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum