IMPLEMENTASI HOME VISIT DALAM PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI DIMASA PANDEMI COVID-19 KELOMPOK A3 TK NURUL UMMAH KOTAGEDE YOGYAKARTA

Siti Nurjanah, NIM. 14430011 (2021) IMPLEMENTASI HOME VISIT DALAM PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI DIMASA PANDEMI COVID-19 KELOMPOK A3 TK NURUL UMMAH KOTAGEDE YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI HOME VISIT DALAM PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI DIMASA PANDEMI COVID-19 KELOMPOK A3 TK NURUL UMMAH KOTAGEDE YOGYAKARTA)
14430011_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI HOME VISIT DALAM PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI DIMASA PANDEMI COVID-19 KELOMPOK A3 TK NURUL UMMAH KOTAGEDE YOGYAKARTA)
14430011_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya sebuah inovasi dari metode pembelajaran yang telah diberikan oleh sekolah bagi pembelajaran anak usia dini ditengah pandemi covid-19. Diperlukan strategi pembelajaran yang efektif dan efisien khususnya bagi anak usia dini karena untuk mencapai aspek perkembangan anak yaitu nilai agama, kognitif, sosial-emosional, bahasa dan fisik-motorik tidak bisa dicapai dengan satu metode pembelajaran saja yaitu daring. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui implementasi Home Visit dalam Pembelajarn Anak Usia Dini dimasa Pandemi Covid-19 Kelompok A3 TK Nurul Ummah Kotagede Yogyakarta. 2) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat implementasi Home Visit dalam Pembelajarn Anak Usia Dini dimasa Pandemi Covid-19 Kelompok A3 TK Nurul Ummah Kotagede Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah bersifat kualitatif yang merupakan penelitian lapangan, adapun urutan dalam penelitian ini mencakup tahap pengumpulan data berupa survey, observasi, dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif, dengan memberikan makna pada data yang telah dikumpulkan dan kemudian penarikan kesimpulan. Dan uji keabsahan data yang digunakan adalah teknik triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Metode ini digunakan sebagai sarana pemberian stimulus tentang materi-materi yang diajarkan kepada peserta didik serta sebagai sarana peserta didik untuk belajar mengaji dan membaca. Alokasi waktu kegiatan home visit tidak lebih dari 40 menit. Dalam kegiatan home visit orang tua diberikan RPPM sebagai acuan mereka dalam mendampingi kegiatan belajar peserta didik selama proses pembelajaran daring. 2) Tahapan pelaksanaan layanan Home Visit TK Nurul Ummah Kotagede diantaranya adalah (a) Penyambutan, dilakukan sebelum pembelajaran dimulai, (b) Pembukaan, menciptakan suasana semangat belajar, (c) Kegiatan Inti, pendidik menyampaikan aturan pembelajaran yang dilaksanakan, (d) Penutup, pendidik mengevaluasi kegiatan dan memberikan tindaklanjut kepada peserta didik. 3) Faktor pendukung home visit adalah komitmen sekolah untuk melaksanakan pembelajaran secara efektif, respon positif dari orang tua dan lingkungan masyarakat yang mendukung. Sedangkan faktor penghambat adalah terbenturnya jadwal dengan kesibukan orang tua, lokasi home visit yang jauh serta kurangnya sarana-prasarana pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Sigit Purnama, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Implementasi Pembelajaran, Home Visit, TK Nurul Ummah Kotagede
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 16 Sep 2021 09:05
Last Modified: 16 Sep 2021 09:05
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/44431

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum