NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER YANG TERKANDUNG PADA KISAH NABI YUNUS AS DALAM AL-QUR’AN

Muhammad Nadhif, NIM.: 14480020 (2021) NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER YANG TERKANDUNG PADA KISAH NABI YUNUS AS DALAM AL-QUR’AN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER YANG TERKANDUNG PADA KISAH NABI YUNUS AS DALAM AL-QUR’AN)
14480020_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER YANG TERKANDUNG PADA KISAH NABI YUNUS AS DALAM AL-QUR’AN)
14480020_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Salah satu metode dalam pembentukan karakter adalah melalui cerita atau kisah. Penggalian hikmah pada kisah dalam al-Qur’an perlu dilakukan karena dalam kisah terdapat pelajaran yang berharga untuk pembentukan karakter islami. Salah satu kisah yang terdapat dalam al-Qur’an adalah kisah Nabi Yunus as. Kisah ini kurang mendapat perhatian jika dibandingkan dengan kisah-kisah lainnya dalam al-Qur’an seperti kisah Nabi Musa, Nabi Ibrahim, Nabi Yusuf, dan kisah-kisah Nabi lainnya. Nabi Yunus adalah satu-satunya Nabi yang sempat lari dari kaumnya karena merasa kecewa terhadap mereka. Kemudian, Allah memberi cobaan kepada beliau dengan ditelan oleh ikan saat pelariannya. Kejadian-kejadian tersebut mengandung semiotik yang harus dijelaskan yang nilai-nilainya dapat dijadikan untuk membentuk karakter positif. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung pada kisah Nabi Yunus AS dalam al-Qur’an. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian kepustakaan (Library Research) dengan sumber data primer al-Qur’an dan terjemahnya yang secara langsung membahas tentang kisah Nabi Yunus AS, dan sumber data sekunder berupa bersumber dari pihak-pihak lain yang biasanya berwujud data laporan yang telah tersedia. Teknik pengumpulan data menggunakan studi Pustaka, dokumentasi, yaitu penulis menelusuri data-data yang diperoleh melalui beberapa literatur, seperti buku, jurnal, majalah, atau sejenisnya kemudian data tersebut dikategorikan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa. Kisah Nabi Yunus dalam al-Qur’an cukup unik. Beliau diutus oleh Allah untuk berdakwah kepada kaumnya di wilayah Ninawa, Iraq. Akan tetapi, beliau pergi meninggalkan kaumnya dalam keadaan marah. Kisah tersebut, ada lima nilai pendidikan karakter yang dapat digali yaitu nilai ketauhidan, kesabaran, intropeksi diri, tawakal, dan tanggung jawab. Kelima nilai tersebut sangat relevan dan harus ditanamkan kepada anak-anak sejak usia dini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr, Nur Hidayat M. Ag.
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Karakter, Kisah Nabi Yunus, Al-Qur’an
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 16 Sep 2021 11:35
Last Modified: 16 Sep 2021 11:35
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/44438

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum