PENANAMAN NILAI-NILAI KARAKTER DISIPLIN DAN MANDIRI DALAM PEMBELAJARAN DARING DI SD NGABLAK MASA PANDEMI COVID-19

Syaiful Anwar, NIM.: 14480033 (2021) PENANAMAN NILAI-NILAI KARAKTER DISIPLIN DAN MANDIRI DALAM PEMBELAJARAN DARING DI SD NGABLAK MASA PANDEMI COVID-19. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENANAMAN NILAI-NILAI KARAKTER DISIPLIN DAN MANDIRI DALAM PEMBELAJARAN DARING DI SD NGABLAK MASA PANDEMI COVID-19)
14480033_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENANAMAN NILAI-NILAI KARAKTER DISIPLIN DAN MANDIRI DALAM PEMBELAJARAN DARING DI SD NGABLAK MASA PANDEMI COVID-19)
14480033_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan pada masa pandemi covid-19 dimana pembelajaran yang ada di sekolah menjadi daring. Banyak siswa yang mulai kurang semangat dalam belajar daring. Pembelajaran daring juga mulai membuat penurunan karakter siswa. Di SD Ngablak sejak pandemi siswa mulai tidak tertib mengumpulkan hasil belajar dan mulai tidak mandiri. Untuk mengetahui hal tersebut, peneliti merumuskan masalah sebagai berikut: Bagaimana upaya penanaman nilai karakter disiplin dan mandiri dalam pembeljaran daring di SD Ngablak? Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan subjek penelitian guru kelas 2B, siswa, wali siswa dan kepala sekolah SD Ngablak. Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara, observasi dan dokumentsi. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan metode triangulasi. Analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah pengumpulan data, menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menemukan bahwa: Penanaman nilai karakter disiplin di SD Ngablak menggunakan metode pengajaran, keteladanan dan penegakan aturan. Serta penanaman nilai karakter disiplin menggunakan pengupayaan enam indikator disiplin. Penanaman nilai karakter mandiri menggunakan metode pembiasaan dan penegakan aturan. Selanjutnya penanaman nilai karakter mandiri juga dilakukan melalui pengupayaan dua indkator mandiri

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Sigit Prasetyo, S. Pd., M. Pd. Si.
Uncontrolled Keywords: Penanaman, karakter, dan Pembelajaran daring.
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 16 Sep 2021 11:43
Last Modified: 16 Sep 2021 11:43
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/44439

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum