EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA POSTER DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SISWA TUNARUNGU DI SMALB NEGERI 1 BANTUL YOGYAKARTA

Binti Shifa’ul Fikriyyah Oktaviana, NIM.: 14410047 (2021) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA POSTER DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SISWA TUNARUNGU DI SMALB NEGERI 1 BANTUL YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA POSTER DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SISWA TUNARUNGU DI SMALB NEGERI 1 BANTUL YOGYAKARTA)
14410047_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[img] Text (Efektivitas, Media Pembelajaran, Tunarungu)
14410047_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian bahwa penulis melihat kesulitan dalam penggunaan media pembelajaran PAI di SMALB Negeri 1 Bantul yakni mengenai mobilitas dan penggunaannya. Oleh karena itu, guru perlu menggunakan media yang mudah digunakan dimana saja dan kapan saja, serta mudah dalam penggunaannya yakni media poster. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji tentang efektivitas media poster dalam pembelajaran PAI pada siswa tunarungu di SMALB Negeri 1 Bantul. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yakni penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi, observasi, wawancara, dan kuesioner. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan penulis menggunakan triangulasi teknik untuk keabsahan data yakni dengan membandingkan data yang diperoleh melalui dokumentasi, observasi, wawancara, dan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Proses pembelajaran PAI terdiri dari tiga tahap, yaitu kegiatan awal, inti, dan penutup. (2) Efektivitas penggunaan media poster dalam pembelajaran PAI materi “Salat Jenazah” di kelas XI Tunarungu SMALB Negeri 1 Bantul dilihat dari beberapa aspek, yakni: aspek tugas atau fungsi; aspek rencana atau program; aspek ketentuan dan aturan; dan aspek tujuan atau kondisi ideal dapat dikatakan efektif. (3) Faktor pendukung dalam penggunaan media poster adanya minat (interest), motivasi guru, lingkungan sekolah yang mendukung; Faktor penghambat yaitu rendahnya daya ingat siswa, siswa sering bolos, guru PAI yang tidak menguasai bahasa isyarat, dan ukuran media poster yang kurang besar; Upaya penanganan: perlunya kerja sama antara sekolah dan orang tua untuk lebih mendisiplinkan anak, guru perlu untuk menguasai atau setidaknya mengetahui bahasa isyarat, serta perlu membuat dan mencetak media poster menjadi lebih besar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Supervisor: Pembimbing : Drs. Moch. Fuad, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Media Pembelajaran, Tunarungu
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 16 Sep 2021 11:52
Last Modified: 16 Sep 2021 11:52
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/44440

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum