PENGEMBANGAN GAME EDUKASI BIOLOGI BERWAWASAN KESEHATAN DAN LINGKUNGAN PADA MATERI POKOK BAKTERI UNTUK SISWA KELAS X DI SMA KOLOMBO SLEMAN

Muntiah Palupi, NIM.: 16680026 (2021) PENGEMBANGAN GAME EDUKASI BIOLOGI BERWAWASAN KESEHATAN DAN LINGKUNGAN PADA MATERI POKOK BAKTERI UNTUK SISWA KELAS X DI SMA KOLOMBO SLEMAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN GAME EDUKASI BIOLOGI BERWAWASAN KESEHATAN DAN LINGKUNGAN PADA MATERI POKOK BAKTERI UNTUK SISWA KELAS X DI SMA KOLOMBO SLEMAN)
16680026_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN GAME EDUKASI BIOLOGI BERWAWASAN KESEHATAN DAN LINGKUNGAN PADA MATERI POKOK BAKTERI UNTUK SISWA KELAS X DI SMA KOLOMBO SLEMAN)
16680026_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengembangkan game edukasi berwawasan kesehatan dan lingkungan pada materi pokok bakteri untuk kelas X SMA/MA, (2) Mengetahui kualitas game edukasi berwawasan kesehatan dan lingkungan pada materi pokok bakteri untuk siswa kelas X SMA/MA yang layak digunakan dalam pembelajaran biologi, (3) Mengetahui respon siswa terhadap game edukasi berwawasan kesehatan dan lingkungan pada materi pokok bakteri untuk siswa kelas X SMA/MA. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan Research and Develompent (R&D) dengan model ADDIE yang terbatas pada tahap Analysis, Design, Development, Evaluation. Instrumen pengambilan data menggunakan lembar penilaian kualitas media pembelajaran, angket penilaian dari ahli, dan angket respon siswa dalam bentuk checklist. Adapun Kualitas produk game edukasi dinilai oleh 1 ahli materi, 1 ahli media, 5 peer reviewer, 1 guru biologi, dan 15 siswa SMA kelas X SMA Kolombo Sleman. Data yang diperoleh selanjutnya dilakukan analisis secara deskriptif, kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh bahwa produk game edukasi berwawasan kesehatan dan lingkungan pada materi pokok bakteri untuk kelas X SMA di SMA Kolombo menggunakan model pengembangan ADDIE. Kualitas game edukasi berwawasan kesehatan dan lingkungan pada materi pokok bakteri untuk kelas X SMA di SMA Kolombo secara keseluruhan memiliki kualitas yang sangat baik dengan persentase keidealan sebesar 100,00% dari ahli materi, 94,29% dari ahli media, 93,58% peer reviewer, 85.79% dari guru biologi, dan respon siswa kelas X sebesar dan 82,73%. Dengan demikian produk game edukasi biologi berwawasan kesehatan dan lingkungan pada materi pokok bakteri layak digunakan sebagai media pembelajaran biologi bagi siswa kelas X SMA/MA.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dian Noviar, S.Pd., M.Pd.Si.
Uncontrolled Keywords: Game Edukasi, Android, Bakteri, Media pembelajaran
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 16 Sep 2021 12:34
Last Modified: 16 Sep 2021 12:34
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/44450

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum