INTERFERENSI BAHASA INDONESIA DALAM BAHASA ARAB DALAM AL INSYA’ AL USBU’IY SANTRIWATI KELAS 5 DI PONDOK MODERN DARUSSALAM GONTOR PUTRI KAMPUS 2 TAHUN AJARAN 1437/1438 H

Diah Kusuma Wardani, NIM.: 1620410074 (2020) INTERFERENSI BAHASA INDONESIA DALAM BAHASA ARAB DALAM AL INSYA’ AL USBU’IY SANTRIWATI KELAS 5 DI PONDOK MODERN DARUSSALAM GONTOR PUTRI KAMPUS 2 TAHUN AJARAN 1437/1438 H. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (INTERFERENSI BAHASA INDONESIA DALAM BAHASA ARAB DALAM AL INSYA’ AL USBU’IY SANTRIWATI KELAS 5 DI PONDOK MODERN DARUSSALAM GONTOR PUTRI KAMPUS 2 TAHUN AJARAN 1437/1438 H)
1620410074_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (INTERFERENSI BAHASA INDONESIA DALAM BAHASA ARAB DALAM AL INSYA’ AL USBU’IY SANTRIWATI KELAS 5 DI PONDOK MODERN DARUSSALAM GONTOR PUTRI KAMPUS 2 TAHUN AJARAN 1437/1438 H)
1620410074_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Pondok Modern Darussalam Gontor Putri Kampus 2 adalah lembaga pendidikan di bawah naungan Pondok Modern Darussalam Gontor Pusat Ponorogo. Lembaga pendidikan ini menggunakan bahasa Arab dan Inggris sebagai bahasa pengantar dalam setiap kegiatannya. Dikarenakan sebagian besar pelajaran yang dipelajari santriwati menggunakan bahasa Arab, pelajaran Bahasa Arab menjadi sangat penting. Pada al insya’ al usbu’iy santriwati kelas 5 KMI peneliti menemukan adanya kesalahan nahwu dan Sharf pada al insya’ al usbu’iy yang dibuat. Peneliti menduga hal ini terjadi karena adanya interferensi bahasa ibu terhadap bahasa Arab. Rumusan masalah dari penelitian ini yaitu: 1) Apa saja macam interferensi bahasa yang ditemukan dalam insya’ usbu’i santriwati kelas 5 KMI di PMDG Putri Kampus 2? 2) Apa hal-hal yang mempengaruhi terjadinya interferensi bahasa dalam al insya’ al usbu’iy santriwati kelas 5 KMI di PMDG Putri Kampus 2? Metode yang digunakan peneliti untuk menganalisis data yang terkumpul dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif, yaitu mendekripsikan apa saja yang berkaitan dengan interferensi bahasa Indonesia terhadap bahasa Arab dalam al insya’ al usbu’iy. Hasil dari penelitian yang dilakukan yaitu: adanya interferensi bahasa Indonesia terhadap bahasa Arab dalam hal ketidaksesuaian antara s}ifah dan maus }uf, id }afah, akhawatu anna, ketidaksuaian fi’l dan fa >’il, dan dalam penerjemahan kata mempunayai. Hal-hal yang mempengaruhi terjadinya interferensi bahasa Indonesia terhadap bahasa Arab dalam al insya’ al usbu’iy yaitu: 1) Kurangnya kemampuan mereka dalam penguasaann bahasa Arab 2)Santriwati kurang memperhatikan koreksi yang diperoleh dalam al insya’ al usbu’iy mereka. Solusi yang dapat diberikan oleh peneliti untuk mengatasi hal-hal yang mempengaruhi terjadinya interferensi bahasa Indonesia terhadap bahasa Arab dalam al insya’ al usbu’iy diantaranya: 1) Meningkatkan kepedulian santriwati atas pentingnya bahasa Arab, 2) Memberi motivasi kepada santriwati untuk lebih menyukai bahasa Arab, 3) Memerintahkan santriwati untuk menulis kembali kalimat yang mengalami interferensi bahasa Indonesia terhadap bahasa Arab.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Muhajir, S.Pd, M.Si
Uncontrolled Keywords: Bahasa Ibu, Al Insya’ Al Usbu’iy, Pondok Modern Darussalam Gontor Putri
Subjects: Bahasa Arab
Pendidikan Islam (Pesantren) > Pondok Pesantren > Santri
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 16 Sep 2021 14:02
Last Modified: 16 Sep 2021 14:02
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/44455

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum