IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN DARING DI KELAS I MADRASAH DINIYAH TAKMILIYAH AWALIYAH (MDTA) MUHAJIRIN KECAMATAN KURANJI KOTA PADANG PADA MASA PANDEMI COVID-19

Miftahul Jannah, NIM.: 17104010070 (2021) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN DARING DI KELAS I MADRASAH DINIYAH TAKMILIYAH AWALIYAH (MDTA) MUHAJIRIN KECAMATAN KURANJI KOTA PADANG PADA MASA PANDEMI COVID-19. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img] Text (IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN DARING DI KELAS I MADRASAH DINIYAH TAKMILIYAH AWALIYAH (MDTA) MUHAJIRIN KECAMATAN KURANJI KOTA PADANG PADA MASA PANDEMI COVID-19)
17104010070_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy
[img] Text (IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN DARING DI KELAS I MADRASAH DINIYAH TAKMILIYAH AWALIYAH (MDTA) MUHAJIRIN KECAMATAN KURANJI KOTA PADANG PADA MASA PANDEMI COVID-19)
17104010070_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Dunia saat ini telah dikejutkan dengan mewabahnya Covid-19. Untuk mengantisipasi penularan Covid-19 maka pemerintah mengeluarkan berbagai kebijakan yang mengharuskan masyarakat untuk tetap stay at home. Kebijakan tersebut berdampak pada berbagai aspek kehidupan di masyarakat khususnya bidang pendidikan. Implementasi pembelajaran daring merupakan solusi terlaksananya pembelajaran di Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah (MDTA) Muhajirin pada masa darurat penyebaran Covid-19. Pembelajaran daring dilaksanakan berdasarkan Instruksi dari DPAC FKDT Kota Padang dan memperhatikan tingginya angka penularan Covid-19 di Kecamatan Kuranji. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan perencanaan, pelasksanaan, dan evaluasi pembelajaran daring di kelas I MDTA Muhajirin pada masa pandemi Covid-19. Penelitian ini adalah jenis penelitian lapangan (field research). Penelitian ini menggunakan 3 metode pengumpulan data, yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Proses analisis data penelitian menggunakan analisis data model Miles and Huberman dengan tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan data. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi data dengan tiga modus, yaitu dengan triangulasi sumber, triangulasi teknik, dan triangulasi waktu. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Perencanaan pembelajaran daring dirumuskan melalui rapat majelis guru madrasah. Selanjutnya guru mempersiapkan bahan ajar, perencanaan pembelajaran yang bersifat aturan, serta media dan sumber pelajaran. (2) Pembelajaran dilaksanakan menggunakan whatsapp group. Pembelajaran diawali dengan guru mengirim pesan teks yang berkaitan dengan informasi pembelajaran yang akan dilaksanakan. Guru menyampaikan materi bisa melalui pesan teks, pesan suara atau video. Guru membuka pelajaran dengan salam dan menyapa santri, kemudian guru menjelaskan materi dan menutup pelajaran. (3) Evaluasi dilakukan pada tiga aspek, yaitu: ranah kognitif dinilai melalui tugas harian mata pelajaran, ujian tengah semester, dan ujian semester. Penilaian psikomotor dilaksanakan pada penilaian video bacaan Iqra’ atau Al-Qur’an harian, pemantauan ibadah harian dan ujian praktik. Penilaian afektif dinilai dengan cara guru mengecek notifikasi pesan di whatsapp group dengan keterangan telah dibaca atau didengar santri dan memperhatikan ketepatan waktu santri dalam mengirim tugas. Keberhasilan dalam pelaksanaan pembelajaran daring sangat dipengaruhi oleh peran aktif orang tua dalam membimbing anaknya belajar di rumah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Indra Fajar Nurdin, S.Pd., M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Covid-19, Pembelajaran Daring, MDTA
Subjects: Covid-19
Pendidikan Islam (Pesantren) > Pondok Pesantren > Madrasah Diniyah
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib SIP.
Date Deposited: 16 Sep 2021 14:18
Last Modified: 16 Sep 2021 14:18
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/44458

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum