PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB PADA ERA PANDEMI COVID-19 DI XI - MIPA 2 MADRASAH ALIYAH NURUL UMMAH TAHUN AJARAN 2020/2021

Amin Arifin, NIM.: 17104020002 (2021) PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB PADA ERA PANDEMI COVID-19 DI XI - MIPA 2 MADRASAH ALIYAH NURUL UMMAH TAHUN AJARAN 2020/2021. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img] Text (PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB PADA ERA PANDEMI COVID-19 DI XI - MIPA 2 MADRASAH ALIYAH NURUL UMMAH TAHUN AJARAN 2020/2021)
17104020002_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (10MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB PADA ERA PANDEMI COVID-19 DI XI - MIPA 2 MADRASAH ALIYAH NURUL UMMAH TAHUN AJARAN 2020/2021)
17104020002_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang maksimalnya pendidikan karakter pada masa pandemi Covid-19. Hal ini ditandai dengan keluhan para guru ketika pembelajaran daring dimulai. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk membahas sejuah mana pendidikan karakter diterapkan dalam pembelajaran bahasa Arab pada era pandemi Covid-19 di XI-MIPA 2 Madrasah Aliyah Nurul Ummah tahun ajaran 2020/2021. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif berupa lapangan (field research) dengan pendekatan fenomenologi. Sedangkan pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Setelah data terkumpul lalu dianalisis dengan dua tahap. Tahap pertama menggunakan analisis sebelum lapangan serta tahap kedua menggunakan analisis model Miles dan Huberman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pendidikan karakter dalam pembelajaran bahasa Arab pada era pandemi Covid-19 sangat diperlukan. Nilai-nilai yang hendak diterapkan di MA Nurul Ummah berupa nilai sosial, nilai spiritual, nilai pengetahuan, dan nilai keterampilan. Adapun dalam penerapannya, pendidikan karakter belum terlaksana secara sistematis karena belum ada RPP. Dalam pelaksanaanya guru mampu membimbing dan memotivasi peserta didik. Sedangkan untuk evaluasi, guru hanya melakukan observasi sikap peserta didik lalu menarik kesimpulan. Meski pendidikan karakter belum terlaksana secara maksimal, pendidikan tersebut mampu membuat peserta didik tetap semangat dalam belajar khususnya dalam pembelajaran kaidah bahasa. Peserta didik juga memiliki kesabaran, religius, kreatif, dan simpati.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. H. Maksudin, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Karakter, Pembelajaran Bahasa Arab, Pandemi Covid-19
Subjects: Covid-19
Pendidikan > Pendidikan Karakter
Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 16 Sep 2021 14:26
Last Modified: 16 Sep 2021 14:26
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/44460

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum