M SYIFA JAUHAR FNS, NIM: 14490016 (2021) PERAN KEPALA SEKOLAH SEBAGAI SUPERVISOR DALAM PEMBINAAN PROFESIONALISME GURU DI SD BUDI MULIA DUA PANJEN SLEMAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.
|
Text (PERAN KEPALA SEKOLAH SEBAGAI SUPERVISOR DALAM PEMBINAAN PROFESIONALISME GURU DI SD BUDI MULIA DUA PANJEN SLEMAN YOGYAKARTA)
14490016_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version Download (5MB) | Preview |
|
![]() |
Text (PERAN KEPALA SEKOLAH SEBAGAI SUPERVISOR DALAM PEMBINAAN PROFESIONALISME GURU DI SD BUDI MULIA DUA PANJEN SLEMAN YOGYAKARTA)
14490016_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
Pendidikan memiliki peranan yang sangat penting dalam proses melahirkan sumber daya manusia yang berkualitas, kualitas sumber daya manusia meningkat sejalan dengan peningkatan kualitas pendidikan yang dijalankan. Dalam menjalankan proses pembelajaran dibutuhkan tenaga pendidik dan kependidikan yang profesional. Untuk meningkatkan tingkat profesionalisme tenaga pendidik maka perlu pembinaan yang dilakukan oleh supervisor, salah satunya oleh kepala sekolah sebagai supervisor internal. Kepala sekolah sebagai pemimpin dan supervisor internal dalam suatu lembaga pendidian memegang peran sebagai kunci yang dapat mendorong perkembangan dan kemajuan sekolah. Keberhasilan yang menjadi tujuan utama sekolah dalam menciptakan peserta didik yang berkualitas dengan membentuk figur guru menjadi guru-guru yang profesional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran kepala sekolah sebagai supervisor dalam pembinaan profesionalisme guru, mengetahui tingkat profesionalisme guru, dan mengetahui faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam pembinaan profesionalisme guru di SD Budi Mulia Dua Panjen Sleman Yogyakarta. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat keilmuan dan sebagai referensi bagi penulis lain dalam mengembangkan penulisannya dibidang kepemimpinan kepala sekolah, khususnya peran kepala sekolah dalam pembinaan profesionalisme guru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis sudi kasus yang dilaksanakan di SD Budi Mulia Dua Panjen Sleman Yogyakarta. Pengumpulan data yang dilakukan dengan melakukan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Kemudian melakukan analisis data dan mengolah data yang telah didapat di lapangan. Narasumber dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah bagian kurikulum, dan 3 orang guru. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) supervisi yang dilakukan oleh kepala sekolah SD Budi Mulia Dua Panjen Sleman Yogyakarta dilaksanakan dengan kegiatan perencanaan dan pengawasan, (2) Kepala sekolah sebagai supervisor internal dalam pembinaan profesionalisme guru melakukan a) pengawasan b) pembinaan c) mengadakan seminar d) memberikan pelatihan dan kesempatan melanjutkan studi guru e) memberi motivasi f) menjalin komunikasi g) memberi arahan dan bantuan kepada guru. (3) Profesionalisme guru di SD Budi Mulia Dua Panjen Sleman Yogyakarta dalam pelaksanaan proses pembelajaran dilihat dari a) disiplin waktu kehadiran dan izin b) persiapan perangkat pembelajaran c) persiapan media d) pemanfaatan sarana dan praarana e) pemahaman guru terhadap peserta didik.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information / Supervisor: | Dr. Zainal Arifin S. Pd. I, M. S. I |
Uncontrolled Keywords: | Supervisi Kepala Sekolah, Pembinaan, Profesionalisme Guru |
Subjects: | Manajemen dan Kebijakan Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S1) |
Depositing User: | Drs. Mochammad Tantowi, M.Si. |
Date Deposited: | 16 Sep 2021 19:10 |
Last Modified: | 16 Sep 2021 19:10 |
URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/44485 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
![]() |
View Item |