MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA MUSLIM MINORITAS PAPUA DI UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA

Hasna Ladolo, NIM. 14490106 (2021) MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA MUSLIM MINORITAS PAPUA DI UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA MUSLIM MINORITAS PAPUA DI UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)
14490106_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA MUSLIM MINORITAS PAPUA DI UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)
14490106_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini bermula dari ketertarikan peneliti terhadap motivasi belajar mahasiswa muslim minoritas Papua yang berkuliah di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui motivasi belajar mahasiswa muslim minoritas Papua di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dan faktor pendukung dan penghambat motivasi belajar mahasiswa muslim minoritas Papua di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang dilaksanakan di Universitas UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dengan sampel sebanyak 3 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik snowball sampling karena penentuan jumlah sampel yang semula kecil kemudian terus membesar sampai informasi didapatkan dinilai telah cukup. Metode pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sementara itu, metode analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif kualitatif untuk mengetahui proses pemilihan, pemusatan perhatian pada penyerhanaan dan transformasi data yang kasar yang muncul dari catatan-catatan lapangan, sehinga lebih fokus sesuai dengan objek penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Mahasiswa muslim minoritas Papua merupakan mahasiswa pilihan yang mendapat bantuan beasiswa dari pemerintah Papua. (2) Motivasi belajar mahasiswa muslim minoritas Papua bersumber dari dua faktor yaitu faktor internal yaitu bersumber dari dalam diri mahasiswa seperti kondisi jasmani dan rohani, cita-cita/aspirsai, kemampuan mahasiswa, perhatian dan lain-lain. Faktor eksternal yaitu bersumber dari luar diri mahasiswa seperti tempat tinggal, fasilitas belajar dan kondisi lingkungan di sekitar mahasiswa. (3) Motivasi belajar mahasiswa muslim minoritas Papua terdapat dua faktor yang juga mempengaruhi, yaitu faktor pendukung dan faktor penghambat. Faktor penghambat adanya rasa malas, kurang belajar mandiri atau membaca, tidak disiplin, kurang bertanggung jawab. Faktor pendukung rajin kuliah, rajian membuat tugas, sopan santun dalam bergaul, baik didalam kampus maupun diluar kampus ada rasa bertanggung jawab juga, disiplin serta ada keinginan untuk mencapai cita-cita yang ingin diraih.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Imam Machali, S.Pd.I, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Motivasi Belajar, Mahasiswa Muslim Minoritas Papua
Subjects: Manajemen dan Kebijakan Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 16 Sep 2021 19:16
Last Modified: 16 Sep 2021 19:16
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/44486

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum