PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN KIMIA BERBASIS CHEMO-ENTREPRENEURSHIP UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA SMA/MA

Kartika Angga Cahyaningsih, NIM. 14670019 (2021) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN KIMIA BERBASIS CHEMO-ENTREPRENEURSHIP UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA SMA/MA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN KIMIA BERBASIS CHEMO-ENTREPRENEURSHIP UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA SMA/MA)
14670019_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN KIMIA BERBASIS CHEMO-ENTREPRENEURSHIP UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA SMA/MA)
14670019_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Pemahaman dan minat siswa yang masih kurang menjadi salah satu permasalahan dalam dunia pendidikan. Sebagai salah satu upaya pemerintah untuk menyempurnakan kualitas pendidikan di Indonesia adalah dengan mengubah Kurikulum dari KTSP yang bersifat Teacher Centered, Kurikulum 2013 yang bersifat Student Centered. Penerapan Student Centered ini menjadikan siswa dituntut untuk bisa mengembangkan kompetensi-kompetensi yang sesuai kebutuhan pada era sekarang, seperti keterampilan berwirausaha. Sehingga dilakukan penelitian dengan judul Pengembangan Modul Pembelajaran Kimia Berbasis Chemo-Entrepreneurship untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa SMA/MA. Penelian ini bertujuan untuk menganalisis: (1) proses pengembangan modul kimia Berbasis Chemo-Entrepreneurship untuk SMA/MA (2) kualitas produk pengembangan modul kimia Berbasis Chemo-Entrepreneurshipuntuk SMA/MA berdasarkan penilaian dari ahli materi, ahli media, dan reviewer (guru kimia) dan (3) respon siswa SMA/MA terhadap produk pengembangan modul kimia Berbasis Chemo-Entrepreneurship untuk SMA/MA. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan model pengembangan 4-D (Define, Design, Develop, Disseminate) yang dibatasi sampai tahap Develop. Produk modul dikonsultasikan kepada dosen pembimbing dan diberikan saran oleh tiga peer review. Kualitas produk dinilai oleh satu dosen ahli materi, satu dosen ahli media, lima reviewer (guru kimia), dan direspon oleh siswa SMA/MA. Instrumen pengumpulan data yang digunakan yakni angket penilaian kualitas menggunakan skala Likert dan angket respon terhadap produk menggunakna skala Guttman. Teknik analisis data dilakukan secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa telah dikembangkan Modul Pembelajaran Kimia Berbasis Chemo-Entrepreneurship sebagai modul pembelajaran yang dapat digunakan sebagai referensi dalam proses pembelajaran. Hasil persentase xvii penilaian kualitas produk dari ahli materi sebesar 89,09% dengan kategori Sangat Baik (SB), ahli media 86,6% dengan kategori Sangat Baik (SB), reviewer (guru kimia) 91% dengan kategori Sangat Baik (SB). Hasil respon terhadap produk oleh siswa SMA/MA diperoleh skor 9,4 dengan persentase keidealan 94%. Berdasarkan hasil penilaian tersebut menunjukkan kualitas modul pembelajaran kimia berbasis Chemo-Entrepreneurship telah mencapai standar minimal dari kategori Sangat Baik (SB).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Khamidinal,S.Si.,M.Si
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Modul Pembelajaran, Chemo-Enterpreneurship
Subjects: Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 16 Sep 2021 20:51
Last Modified: 16 Sep 2021 20:51
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/44488

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum