PENGEMBANGAN MODUL PETUNJUK PRAKTIKUM MATA KULIAH KIMIA DASAR BERNUANSA GREEN CHEMISTRY DI UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA UNTUK MAHASISWA CALON GURU KIMIA

Eka Susi Sulistyowati, NIM. 14670027 (2021) PENGEMBANGAN MODUL PETUNJUK PRAKTIKUM MATA KULIAH KIMIA DASAR BERNUANSA GREEN CHEMISTRY DI UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA UNTUK MAHASISWA CALON GURU KIMIA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MODUL PETUNJUK PRAKTIKUM MATA KULIAH KIMIA DASAR BERNUANSA GREEN CHEMISTRY DI UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA UNTUK MAHASISWA CALON GURU KIMIA)
14670027_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MODUL PETUNJUK PRAKTIKUM MATA KULIAH KIMIA DASAR BERNUANSA GREEN CHEMISTRY DI UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA UNTUK MAHASISWA CALON GURU KIMIA)
14670027_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ketidaksiapan mahasiswa dalam melaksanakan praktikum kimia yang lebih lanjut di Uin Sunan Kalijaga Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul petunjuk praktikum mata kuliah kimia dasar berupa teknik dasar praktikum kimia bernuansa Green Chemistry yang masih berhubungan dengan mata kuliah kimia dasar yang nantinya mahaiswa Uin Sunan Kalijaga lebih siap menghadapi praktikum kimia yang lebih lanjut serta mampu menerapkannya saat menjadi guru di SMA/MA. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (research and development) dengan menggunakan prosedur pengembangan metode 4-D. Adapun tahapan dari metode 4-D tersebut adalah tahap define ( pendefisian ), tahap design ( perancangan ), tahap develop ( pengembangan ), tahap disseminate ( penyebaran ). Penelitian ini dibatasi sampai tahap develop ( pengembangan ). Pengembangan modul petunjuk praktikum mata kuliah kimia dasar yang berisi teknik dasar praktikum kimia dasar ini dibuat dengan bantuan Microsoft Word dan Corel Draw X7. Adapun hasil dari pengembangan ini berdasarkan instrumen penelitian yang diberikan kepada berbagai ahli yaitu ahli materi, ahli media, dan dua reviewer. Produk yang dihasilkan berupa modul petunjuk praktikum mata kuliah kimia dasar yang berisi xviii teknik dasar praktikum kimia dasar bernuansa Green Chemistry dinyatakan memiliki kualitas produk yang layak digunakan untuk mahasiswa calon guru kimia di Uin Sunan Kalijaga Yogyakarta setelah dilakukan validasi oleh ahli materi dengan presentase 87,5%, oleh ahli media dengan presentase 81,8%, dan dua reviewer dengan presentase 76,8%. Dapat disimpulkan secara keseluruhan, kualitas modul petunjuk praktikum mata kuliah kimia dasar bernuansa Green Chemistry yang berisi teknik dasar praktikum kimia dasar di Uin Sunan Kalijaga Yogyakarta untuk Calon Mahasiswa Guru Kimia adalah sebesar 82,03% dengan kategori sangat baik (SB).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Agus Kamaludin, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Green Chemistry, Praktikum, Pengembangan, Modul Petunjuk Praktikum Kimia.
Subjects: Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 16 Sep 2021 21:02
Last Modified: 16 Sep 2021 21:02
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/44490

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum