PENANAMAN NILAI-NILAI HUMANIS RELIGIUS DALAM MEMBENTUK KARAKTER SANTRI DI ASRAMA TAHFIDZUL QUR'AN ASSIROJULHASAN CIREBON

Rizki Oktaviani, NIM. 16410088 (2021) PENANAMAN NILAI-NILAI HUMANIS RELIGIUS DALAM MEMBENTUK KARAKTER SANTRI DI ASRAMA TAHFIDZUL QUR'AN ASSIROJULHASAN CIREBON. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENANAMAN NILAI-NILAI HUMANIS RELIGIUS DALAM MEMBENTUK KARAKTER SANTRI DI ASRAMA TAHFIDZUL QUR'AN ASSIROJULHASAN CIREBON)
16410088_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (PENANAMAN NILAI-NILAI HUMANIS RELIGIUS DALAM MEMBENTUK KARAKTER SANTRI DI ASRAMA TAHFIDZUL QUR'AN ASSIROJULHASAN CIREBON)
16410088_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Lembaga-lembaga pendidikan di Indonesia masih banyak yang belum menyeimbangkan dasar pendidikannya. Di satu sisi terdapat lembaga pendidikan yang hanya fokus pada pengembangan nilai-nilai humanis namun kurang memperhatikan kebutuhan religius peserta didiknya. Begitu juga sebaliknya, terdapat lembaga pendidikan yang hanya fokus pada pengembangan nilai-nilai religius, namun kurang memperhatikan pengembangan nilai-nilai humanisnya. Asrama Tahfidzul Qur'an Assirojulhasan adalah sebuah lembaga pendidikan Islam yang menggunakan dasar pendidikan humanisme religius, yaitu sebuah ideologi pendidikan yang seimbang dalam menerapkan nilai humanis dan nilai religius. Penelitian ini berusaha mengungkapkan upaya suatu lembaga pendidikan Islam dalam melaksanakan perannya untuk membangun dan menanamkan nilai humanis religius kepada santri, sehingga membentuk karakter santri yang humanis dan religius. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan fenomenologis. Subyek penelitian ini antara lain pengasuh, perwakilan pengajar (ustadz), perwakilan 1 orang pengurus putra dan putri serta perwakilan 2 orang santri putra dan putri. Adapun pengumpulan datanya menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Instrumen penelitian yang digunakan antara lain peneliti, buku catatan, alat perekam, kamera, dan dokumen yang dibutuhkan. Hasil penelitian ini menunjukkan, bahwa: 1) dalam penanaman nilai-nilai humanis religius dalam membentuk karakter santri di Asrama Tahfidzul Qur'an Assirojulhasan menghasilkan beberapa nilai yang terkait dengan humanis religius, nilai-nilai tersebut yaitu: a) nilai kebebasan, b) nilai persamaan, c) nilai persaudaraan, d) nilai kemandirian, e) dan nilai tauhid. 2) dalam penanaman nilai-nilai humanis religius menempuh beberapa upaya dengan menggunakan a) metode pembiasaan, b) metode kisah, dan c) metode teladan. 3) pada penanaman nilai-nilai humanis religius pada santri di Asrama Tahfidzul Qur'an Assirojulhasan telah membawa hasil atau suatu capaian yang positif hasil yang diperoleh, hasil tersebut dikategorikan menjadi tiga bagian yaitu 1) pengetahuan moral, 2) perasaan moral, 3) tindakan moral. Adapun terdapat faktor pendukung dan penghambat, faktor pendukungnya yakni a) mendatangkan tokoh agama baik dari dalam negeri maupun luar negeri, b) adanya teladan dalam diri pengasuh, dan c) adanya dukungan positif dari masyarakat setempat. Faktor penghambatnya yakni a) datangnya dari diri santri itu sendiri, dan b) dari fasilitas yang memang masih dalam tahap pembangunan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Muqowim, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Penanaman Nilai, Humanis Religius, Pembentukan Karakter
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 17 Sep 2021 09:03
Last Modified: 17 Sep 2021 09:03
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/44501

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum