PENGEMBANGAN PERMAINAN GAME EDUKASI BERBASIS ANDROID PADA MATEMATIKA MATERI NILAI MATA UANG UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR DI KELAS II

AHMAD TAUFIQ ILYAS, NIM: 16480007 (2021) PENGEMBANGAN PERMAINAN GAME EDUKASI BERBASIS ANDROID PADA MATEMATIKA MATERI NILAI MATA UANG UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR DI KELAS II. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN PERMAINAN GAME EDUKASI BERBASIS ANDROID PADA MATEMATIKA MATERI NILAI MATA UANG UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR DI KELAS II)
16480007_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN PERMAINAN GAME EDUKASI BERBASIS ANDROID PADA MATEMATIKA MATERI NILAI MATA UANG UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR DI KELAS II)
16480007_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Matematika merupakan mata pelajaran wajib yang harus dipelajari pada setiap satuan pendidikan dan juga dipakai dalam kehidupan sehari-hari. Tetapi dalam pelaksanaan atau penerapannya dalam pembelajaran mengalami berbagai macam masalah, masalah yang dihadapi oleh guru dalam mengajar adalah kurangnya motivasi belajar sehingga peserta didik malas belajar Matematika, peserta didik tidak tertarik belajar Matematika karena pelajaran yang tidak menyenangkan dalam proses pembelajaran dikelas. Seiring berjalannya waktu dan perkembangan zaman kita dituntut untuk bisa mengikutinya. Tak terkecuali dalam dunia pendidikan. Apalagi dimasa pandemi seperti ini yang banyak kegiatan bersifat online. Salah satunya ialah dalam proses pembelajaaran dimana banyak pembelajaran dengan sistem daring. Pembelajaran sistem ini dinilai masih kurang efektif karena masih banyak peserta didik dan orang tua yang belum paham betul akan sistem pembelajaran ini. Ditambah lagi banyak orang tua yang memberikan gadget kepada anak-anak dengan tujuan untuk belajar tetapi malah disalah gunakan untuk bermain game. Karena pada masa sekarang ini game menjadi komoditas yang sangat digemari khususnya anak-anak. Hal ini mengakibatkan banyak peserta didik yang kurang antusias dalam mengikuti pembelajaran. Para peserta didik lebih tertarik untuk bermain game digadget mereka. Maka dari itu peniliti ingin membuat permainan yang bersifat edukasi yang bisa dimainkan pada gadget. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan Research and Development. prosedur yang akan dilakukan oleh peneliti disini hanya sampai pada tahap level 1 yaitu melakukan penelitian untuk membuat rancangan produk tetapi tidak dilanjutkan dengan membuat dan menguji produk tersebut serta menggunakan 6 langkah model Borg and Gall. Data yang diperoleh adalah data kuantitatif dan kualitatif viii berdasarkan hasil penilaian dari ahli materi, ahli media, pengamat media dan peserta didik. Media game edukasi berbasis android mendapat skor rata-rata 37 termasuk kategori sangat baik dari ahli materi dan dengan perbaikan. Sedangkan hasil dari 2 ahli media mendapat skor rata-rata 31,5 dan menunjukkan kategori baik. Hasil dari penelitian ini adalah media layak dengan perbaikan yang disarankan oleh ahli materi, ahli media, serta media 100% mendapat respon positif oleh pengamat media dan 92,5% respon positif dari peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Hj. Maemonah Mag
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Permainan Edukasi, Game android, Matematika
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 17 Sep 2021 09:16
Last Modified: 17 Sep 2021 09:16
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/44504

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum