POLA HUBUNGAN SOSIAL UMAT ISLAM DENGAN UMAT KRISTEN PROTESTAN DI KELURAHAN NGAMPILAN KECAMATAN NGAMPILAN KOTA YOGYAKARTA

Kamrolah, NIM.: 1620510026 (2020) POLA HUBUNGAN SOSIAL UMAT ISLAM DENGAN UMAT KRISTEN PROTESTAN DI KELURAHAN NGAMPILAN KECAMATAN NGAMPILAN KOTA YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (POLA HUBUNGAN SOSIAL UMAT ISLAM DENGAN UMAT KRISTEN PROTESTAN DI KELURAHAN NGAMPILAN KECAMATAN NGAMPILAN KOTA YOGYAKARTA)
1620510026_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (POLA HUBUNGAN SOSIAL UMAT ISLAM DENGAN UMAT KRISTEN PROTESTAN DI KELURAHAN NGAMPILAN KECAMATAN NGAMPILAN KOTA YOGYAKARTA)
1620510026_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Kerukunan umat beragama menjadi salah satu pilar utama dalam memelihara persatuan dan kesatuan. Masyarakat Islam dan Kristen Protestan di kelurahan Ngampilan RW 1, RW 2, dan RW 3 telah membuktikan bahwa di tengah-tengah perbedaan akan ada harmonisasi kehidupan yang indah. Masyarakat Islam dan Kristen Protestan di kelurahan Ngampilan RW 1, RW 2, dan RW 3 mampu membenteng dan membentuk keharmonisan bahkan menjadi panutan bagi masyarakat yang lain. Keharmonisan di kelurahan Ngampilan RW 1, RW 2, dan RW 3 terlihat dari pola relasi antar umat beragama dalam lingkungan masyarakat. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mendapatkan pemahaman tentang pola hubungan sosial umat Islam dengan umat Kristen Protestan di kelurahan Ngampilan RW 1, RW 2, dan RW 3, kecamatan Ngampilan, kota Yogyakarta. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan teori Struktural Fungsional yang di gagas oleh Talcott Parsons tentang keteraturan dan teori Civic Engagement Robert D. Putnam untuk melihat kondisi hubungan yang ada pada masyarakat, khususnya umat beragama di wilayah Ngampilan RW 1, RW 2, dan RW 3. Adapun metode penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Bagaimana pola hubungan sosial umat Islam dengan umat Kristen Protestan di kelurahan Ngampilan?, Pihak mana saja yang berperan penting dalam menerapkan hubungan sosial antar umat beragama di kelurahan Ngampilan?. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pola hubungan sosial yang menjadi kerukunan masyarakat di kelurahan Ngampilan RW 1, RW 2, dan RW 3 adalah pertama, adaptasi (adaptation) seperti tidak berdiskusi atau berbicara terkait dengan masalah agama. Kedua, pencapaian tujuan (goal attaintment) seperti melakukan penghijauan dan memanfaatkan sampah daur ulang. Ketiga, integrasi (integration) seperti gotong royong dan pembangunan sarana. Keempat, pemeliharaan pola (latent pattern maintenance) seperti melakukan dialog antar agama. Adapun, pihak-pihak yang berperan penting dalam menerapkan hubungan sosial antar umat beragama di kelurahan Ngampilan RW 1, RW 2, dan RW 3 yaitu tokoh agama, aparat pemerintah, dan masyarakat. Selain itu, masyarakat Ngampilan yang selalu berkaca terhadap hukum dan aturan yang telah di sepakati oleh kedua agama baik itu agama Islam maupun agama Kristen Protestan untuk menumbuhkan sikap toleransi. Sehingga, di kelurahan Ngampilan RW 1, RW 2, dan RW 3 kerukunan dan keharmonisan antar agama selalu terjalin.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Dian Nur Anna, S.Ag., MA.
Uncontrolled Keywords: Kerukunan Beragama, Hubungan Sosial, Ngampilan, Islam, Kristen Protestan.
Subjects: Agama Kristen (Christianity)
Aqidah Filsafat
UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta > Aqidah Filsafat

Sosial, Interaksi
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Aqidah dan Filsafat Islam (S2)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 17 Sep 2021 13:11
Last Modified: 17 Sep 2021 13:11
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/44516

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum