HUSNUR RAHMA YANTI, NIM: 17104010019 (2021) NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAK DALAM NOVEL KEMBARA RINDU KARYA HABIBURRAHMAN EL SHIRAZY. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.
|
Text (NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAK DALAM NOVEL KEMBARA RINDU KARYA HABIBURRAHMAN EL SHIRAZY)
17104010019_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version Download (6MB) | Preview |
|
Text (NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAK DALAM NOVEL KEMBARA RINDU KARYA HABIBURRAHMAN EL SHIRAZY)
17104010019_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (5MB) |
Abstract
Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah dunia pendidikan dewasa ini, banyak gejala yang menunjukkan rendahnya akhlak peserta didik, seperti tawuran antar pelajar, pergaulan bebas, tontonan yang tidak mendidik, dan masih banyak lagi. Upaya untuk menanggulangi hal tersebut adalah dengan lebih memperhatikan penanaman nilai akhlakul karimah seorang anak sejak usia dini. Mengingat pentingnya pendidikan akhlak, dibutuhkan cara yang serius untuk menanamkan nilai-nilai pendidikan akhlak secara mendalam. Cara yang dapat dilakukan adalah melalui sumber belajar, salah satunya sumber belajar yang menarik adalah melalui bahan bacaan berupa karya sastra. Salah satu karya sastra yang dapat digunakan adalah novel. Novel best seller yang isi ceritanya terdapat banyak sekali pelajaran bahkan nilai-nilai pendidikan akhlak didalamnya, bisa dijadikan sebuah media pembelajaran adalah novel Kembara Rindu karya Habiburrahman El Shirazy. Oleh karena itu peneliti tertarik untuk meneliti nilainilai pendidikan akhlak dalam novel Kembara Rindu karya Habiburrahman El Shirazy . Tujuan penelitian ini untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan akhlak apa saja yang terkandung di dalam novel Kembara Rindu dan relevansinya dengan pendidikan agama Islam. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis isi (content analisys). Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, diperoleh hasil penelitian bahwa nilai-nilai pendidikan akhlak dalam novel Kembara Rindu karya Habiburrahman El Shirazy antara lain: 1) nilai pendidikan akhlak terhadap Allah subhanahu wataala yang terdiri dari: takwa, cinta dan rida, ikhlas, tawakal, syukur dan taubat. 2) nilai pendidikan akhlak terhadap diri sendiri yang terdiri dari: shidiq, amanah, sabar, dan tawadhu’. 3) nilai pendidikan akhlak terhadap keluarga yang terdiri dari: birrul walidain, hak, kewajiban dan kasih sayang suami isteri, dan silaturrahim dengan karib kerabat. 4) nilai pendidikan akhlak terhadap masyarakat yang terdiri dari: bertamu dan menerima tamu, hubungan baik dengan tetangga, hubungan baik dengan masyarakat. Dan nilai-nilai pendidikan akhlak dalam novel Kembara Rindu relevan dengan pendidikan agama Islam yang meliputi tujuan pendidikan agama Islam, materi pendidikan agama Islam seperti materi akidah, syariah, akhlak, Alquran dan hadis serta sejarah kebudayaan Islam dan metode pembelajaran pendidikan agama Islam seperti metode ceramah, metode demonstrasi, metode tanya jawab, metode projek, metode karya wisata, dan metode diskusi.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Munawwar Khalil, SS, M. Ag |
Uncontrolled Keywords: | Habiburrahman El Shirazy, pendidikan akhlak, akhlakul karimah |
Subjects: | Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1) |
Depositing User: | Drs. Mochammad Tantowi, M.Si. |
Date Deposited: | 17 Sep 2021 16:20 |
Last Modified: | 17 Sep 2021 16:20 |
URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/44539 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
View Item |