IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN DIKTAT JURUMIYYAH DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA KITAB KUNING SANTRI BARU MADRASAH DINIYAH NURUL UMMAH KOTAGEDE YOGYAKARTA

Hanif, NIM. 17104010038 (2021) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN DIKTAT JURUMIYYAH DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA KITAB KUNING SANTRI BARU MADRASAH DINIYAH NURUL UMMAH KOTAGEDE YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN DIKTAT JURUMIYYAH DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA KITAB KUNING SANTRI BARU MADRASAH DINIYAH NURUL UMMAH KOTAGEDE YOGYAKARTA)
17104010038_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN DIKTAT JURUMIYYAH DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA KITAB KUNING SANTRI BARU MADRASAH DINIYAH NURUL UMMAH KOTAGEDE YOGYAKARTA)
17104010038_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah pada saat santri baru disuruh untuk memahami tiga ilmu nahwu secara bersamaan dalam kurun waktu seminggu tiga kali kemudian mereka merasa belum bisa mengetahui nahwu dengan baik dan benar. Dari situlah para ustadz mempunyai inisiatif untuk membuat diktat jurumiyyah ini, tujuannya untuk memudahkan santri baru dalam memahami ilmu nahwu khususnya jurumiyyah. Kemudian setelah dibuatkannya diktat jurumiyyah tersebut, maka santri baru lebih mudah untuk memahami ilmu nahwu khususnya jurumiyyah. Karena di dalam diktat jurumiyyah ini terdapat bait-bait beserta artinya dan juga contohnya. Di karenakan mayoritas santri baru tersebut belum pernah mondok sama sekali, jika mereka sudah pernah mondok tetapi mereka sudah lupa. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dan bersifat kualitatif. Pengempulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi, dan data yang sudah terkumpul kemudian diolah, dipilih, dan dianalisis menggunakan analisi deskriptif yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini yaitu : 1). Implementasi diktat jurumiyyah ini ada dua macam kegiatan yaitu pembelajaran didalam kelas yang mana menggunakan metode bandongan dan lalaran/mengulang hafalan. Sedangkan metode yang digunakan pada saat pembelajaran diktat jurumiyyah itu ada dua metode yaitu sorogan dan musyawarah. 2). Sebelum implementasi diktat jurumiyyah santri disuguhkan dengan tiga materi nahwu secara bersama-sama seminggu tiga kali alhasil mereka tidak faham, setelah dibuatkannya diktat jurumiyyah ini maka santri baru lebih mudah untuk memahaminya khususnya jurumiyyah. 3). Faktor pendukungnya yaitu tempat di Pondok Pesantren Nurul Ummah Kotagede Yogyakarta sangat sejuk dan nyaman untuk dibuat hafalan, sebelum ustadznya memasuki kedalam kelas disuruh lalaran/mengulang hafalan secara bersama-sama. Sedangkan untuk faktor penghambatnya yaitu seringnya santri tidak masuk kedalam kelas, pada saat ustadz menjelaskan materi tentang nahwu yaitu diktat jurumiyyah ada sebagian santri yang tertidur di dalam kelas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Mujahid, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Diktat Jurumiyyah, Kemampuan Membaca Kitab Kuning Santri Baru, Madrasah Diniyah
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 17 Sep 2021 16:30
Last Modified: 17 Sep 2021 16:30
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/44541

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum