PERAN GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MEMBENTUK AKHLAKUL KARIMAH SISWA KELAS VIII MTS N 7 BANTUL DI MASA PANDEMI COVID-19

Nurul Khofifah, NIM. 17104010105 (2021) PERAN GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MEMBENTUK AKHLAKUL KARIMAH SISWA KELAS VIII MTS N 7 BANTUL DI MASA PANDEMI COVID-19. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MEMBENTUK AKHLAKUL KARIMAH SISWA KELAS VIII MTS N 7 BANTUL DI MASA PANDEMI COVID-19)
17104010105_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PERAN GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MEMBENTUK AKHLAKUL KARIMAH SISWA KELAS VIII MTS N 7 BANTUL DI MASA PANDEMI COVID-19)
17104010105_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini adalah bahwa MTs N 7 Bantul merupakan madrasah negeri yang berada di wilayah piyungan, kemudian misi sekolah yaitu salah satunya membentuk peserta didik yang berakhlak dan berbudi pekerti luhur. Sehingga peneliti tertarik untuk melakukan penelitian di sekolah tersebut guna untuk melihat bagaimana penerapan guru dalam membentuk akhlak siswa walaupun proses belajar mengajar dilakukan secara daring. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan peran dan upaya guru akidah akhlak dalam membentuk akhlak siswa di masa pandemi serta faktor pendukung dan penghambat dalam pembentukan akhlak siswa kelas VIII MTs N 7 Bantul. Penelitian ini dilakukan dengan cara melihat keadaan riil di lapangan (field research) yang bersifat kualitatif yaitu penelitian deskriptif yang menyajikan data secara sistematik dan memaparkan objek yang sebenarnya di lapangan. Populasi penelitian ini terdiri dari Kepala Sekolah, Guru Akidah Akhlak, siswa kelas VIII. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk mengolah data peneliti menggunakan analisis reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi data. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) peringatan untuk tetap melakukan kewajiban sebagai hamba, serta mengingatkan agar tetap melakukan pembiasaan walaupun dirumah. Bimbingan seperti harus patuh dan tata kepada bapak ibu guru serta orang tua dan memberikan arahan agar siswa lebih dewasa dan memikirkan masa depan dengan cara giat belajar. Motivasi yang diberikan guru kepada siswa yaitu dengan tetap semangat dan jangan bermalas-malasan, setiap keadaan pasti ada hikmahnya. Nasihat yaitu tetap mendekatkan diri kepada Allah semoga keadaan ini segera dinormalkan kembali dan kita semua bisa melakukan proses belajar mengajar dengan bertatap muka. (2)Hasil dari pembentukan akhlakul karimah oleh guru akidah akhlak yaitu menambah ketaqwaan kepada Allah dengan ujian pandemi, menambah kesemanagatan untuk berbuat baik karena di masa pandemi ini satu-satunya kita meminta perlindungan dan pertolongan hanya kepada Allah berupa kesehatan, keselamatan agar tidak terkena virus corona. Yang ketiga lebih rajin membaca Al-Quran dibuktikan dengan siswa absen digrup kelas, kemudian lebih berbakti dan membantu orang tua karena faktor sekolah di rumah. (3)Faktor penghambat yaitu handphone yang kurang memadai, jaringan internet yang tidak stabil, faktor ekonomi, serta kurangnya pemahaman siswa tentang materi yang diajarkan. Untuk faktor pendukungnya yaitu mendapatkan fasilitas kuota belajar dari sekolah dan media pembelajaran seperti E-learning, dan zoom yang dapat memudahkan pemahaman siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Ahmad Hanany Naseh, M.A
Uncontrolled Keywords: Guru Akidah Akhlak, Pembentukan Akhlakul Karimah, Pandemi Covid-19.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 17 Sep 2021 21:47
Last Modified: 17 Sep 2021 21:47
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/44547

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum