NILAI-NILAI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DI PONDOK PESANTREN KOTAGEDE HIDAYATUL MUBTADI-IEN DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

Muhammad Luthfi Mahendra, NIM: 17104010109 (2021) NILAI-NILAI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DI PONDOK PESANTREN KOTAGEDE HIDAYATUL MUBTADI-IEN DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (NILAI-NILAI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DI PONDOK PESANTREN KOTAGEDE HIDAYATUL MUBTADI-IEN DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM)
17104010109_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (NILAI-NILAI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DI PONDOK PESANTREN KOTAGEDE HIDAYATUL MUBTADI-IEN DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM)
17104010109_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah Pondok Pesantren Kotagede Hidayatul Mubtadi-ien sebagai salah satu lembaga pendidikan di Indonesia khususnya di daerah Kotagede Yogyakarta yang menerapkan nilai-nilai pendidikan multikultural walaupun ada beberapa perbedaan dalam penerapannya dengan nilai pendidikan multikultural yang ada di Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini terfokus pada penerapan nilai-nilai pendidikan multikultural yang ada di Pondok Pesantren Kotagede Hidayatul Mubtadi-ien, implementasi nilai-nilai pendidikan multikultural, dan relevansinya dengan Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini termasuk ke dalam jenis penelitian lapangan (field research) yang di jabarkan secara diskriptif. Pengumpulan data dalam penelitian ini didapat melalui wawancara mendalam, dokumentasi, observasi, dan trigulasi sumber serta teknik yang dilakukan dengan menggunakan pendekatan historis (sejarah) dan etnografi. Sedangkan metode analisis data menggunakan metode kualitatif, yaitu kodifikasi data, penyajian data, serta penarikan keesimpulan. Subjek penilian adalah santri, pengurus, serta ustaz yang ada di Pondok Pesantren Kotagede Hidayatul Mubtadi-ien. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1. Terdapat nilai-nilai pendidikan multikultural yang ada di Pondok Pesantren Kotagede Hidayatul Mubtadi-ien, 2. Nilai-nilai pendidikan multikultural diimplementasikan melalui kegiatan-kegiatan dan program-progam yang ada, 3. Adanya relevansi antara nilai pendidikan multikultural yang ada di Pondok Pesantren Kotagede Hidayatul Mubtadi-ien dengan nilai pendidikan multikultural dan tujuan Pendidikan Agama Islam. Adapun nilai multikultural yang di terapkan dalam setiap kegiatan dan programnya tidak terbatas hanya satu saja, melainkan ada beberapa nilai multikultural yang langsung diterapkan dalam satu kegiatan atau program yang diadakan. Relevansi antara Pendidikan Agama Islam dengan nilai pendidikan multikultural di Pondok Pesantren Kotagede Hidayatul Mubtadi-ien berdasarkan ayat Al Qur’an dan hadis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Mujahid, M.Ag
Uncontrolled Keywords: pendidikan multikulural, pondok pesantren, Pendidikan Agama Islam
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 17 Sep 2021 21:52
Last Modified: 17 Sep 2021 21:52
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/44548

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum