PELAKSANAAN SOFT SKILL MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER KAJIAN SABTU PAGI ROHIS UNTUK MENINGKATKAN SIKAP KEAGAMAAN SISWA DALAM MATA PELAJARAN PAI DI SMK N 1 KLATEN

IMAM GHOZALI, NIM. 17104010112 (2021) PELAKSANAAN SOFT SKILL MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER KAJIAN SABTU PAGI ROHIS UNTUK MENINGKATKAN SIKAP KEAGAMAAN SISWA DALAM MATA PELAJARAN PAI DI SMK N 1 KLATEN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PELAKSANAAN SOFT SKILL MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER KAJIAN SABTU PAGI ROHIS UNTUK MENINGKATKAN SIKAP KEAGAMAAN SISWA DALAM MATA PELAJARAN PAI DI SMK N 1 KLATEN)
17104010112_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (PELAKSANAAN SOFT SKILL MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER KAJIAN SABTU PAGI ROHIS UNTUK MENINGKATKAN SIKAP KEAGAMAAN SISWA DALAM MATA PELAJARAN PAI DI SMK N 1 KLATEN)
17104010112_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; 1) pelaksanaan soft skill melalui kegiatan ekstrakurikuler kajian sabtu pagi rohis untuk meningkatkan sikap keagamaan siswa dalam mata pelajaran PAI dI SMK N 1 Klaten, 2) Peningkatan pelaksanaan soft skill melalui kegiatan ekstrakulikuler kajian sabtu pagi rohis untuk meningkatkan sikap keagamaan siswa dalam mata pelajaran pai di Smk N 1 Klaten 3) Faktor yang menjadi pendukung dan penghambat dalampelaksanaan soft skill melalui kegiatan ekstrakurikuler kajian sabtu pagi rohis untuk meningkatkan sikap keagamaan siswa dalam mata pelajaran PAI dI SMK N 1 Klaten. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan penelitian kualitatif (qualitative research), yaitu suatu penelitian yang ditujukan untuk mendeskripsikan dan menganalsis fenomena, peristiwa, aktivitas social, sikap, kepercayaan, persepsi, pemikiran orang secara individual maupun kelompok. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) pelaksanaan soft skill melalui kegiatan ekstrakurikuler kajian sabtu pagi rohis untuk meningkatkan sikap keagamaan siswa dalam mata pelajaran PAI dI SMK N 1 Klaten, sebagai berikut: Pengajian “Sabtu Pagi” dilaksanakan setiap bulan dengan beberapa tujuan sebagai berikut: Memupuk keimanan yang telah bersemayam di relung hati terdalam, Meningkatkan ketaqwaan kepada Allah SWT, Mempertebal keyakinan bahwa Allah tidak akan pernah meninggalkan hamba-Nya yang berjuang di jalan-Nya, Memperluas wawasan sehubungan ilmu dien (agama), Mempererat ukhuwah. Nilai-Nilai Karakter yang ditanamkan diantaranya sebagai berikut: Religius, Jujur, Toleransi, Disiplin, Kerja Keras, Kreatif, Mandiri, Demokratis, Rasa Ingin Tahu, Semangat Kebangsaan, Cinta Tanah Air, Menghargai Prestasi, Bersahabat / Komunikatif, Cinta Damai, Gemar Membaca, Peduli Lingkungan, Peduli Sosial, Tanggung Jawab. (2) Memberikan Dampak Yang positif Kepada siswa yang di mana siswa tersebut sudah bisa memahami dan melakukan sikap dan moral yang baik kemudian di jadikan kebiasaan sehari harinya (3) Faktor yang menjadi pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan soft skill melalui kegiatan ekstrakurikuler kajian sabtu pagi rohis untuk meningkatkan sikap keagamaan siswa dalam mata pelajaran PAI dI SMK N 1 Klaten. (a) Faktor Pendukung; motivasi, siswa taat aturan, tema yang dibahas menarik, pemateri / penyampai materi menarik, kerjasama penyelenggara yang baik dan bertanggungjawab, ketepatan waktu dalam kegiatan. (b) Faktor Penghambat; tidak minat terhadap kegiatan, siswa tidak taat aturan, tema yang dibahas kurang menarik, pemateri / penyampai materi kurang menarik, kurang tenaga dalam kepanitiaan dalam persiapan dan pelaksanaan, Kurangnya kesadaran siswa akan pentingnya ilmu agama

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. H. Radino, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Soft Skill, Ekstakurikuler, Pengajian, Pendidikan Agama Islam, SMK
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 17 Sep 2021 21:58
Last Modified: 17 Sep 2021 21:58
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/44549

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum