TELAAH BUKU “FALSAFAH NUBUWWAH” KARYA KHALIL BIN MALWI DALAM MENAFSIRKAN KISAH NABI MUHAMMAD SAW SEBAGAI TELADAN INSPIRATIF DAN RELEVANSINYA DENGAN PROFESIONALISME GURU PAI

Rahma Nada Sakinah, NIM: 17104010120 (2021) TELAAH BUKU “FALSAFAH NUBUWWAH” KARYA KHALIL BIN MALWI DALAM MENAFSIRKAN KISAH NABI MUHAMMAD SAW SEBAGAI TELADAN INSPIRATIF DAN RELEVANSINYA DENGAN PROFESIONALISME GURU PAI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (TELAAH BUKU “FALSAFAH NUBUWWAH” KARYA KHALIL BIN MALWI DALAM MENAFSIRKAN KISAH NABI MUHAMMAD SAW SEBAGAI TELADAN INSPIRATIF DAN RELEVANSINYA DENGAN PROFESIONALISME GURU PAI)
17104010120_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (TELAAH BUKU “FALSAFAH NUBUWWAH” KARYA KHALIL BIN MALWI DALAM MENAFSIRKAN KISAH NABI MUHAMMAD SAW SEBAGAI TELADAN INSPIRATIF DAN RELEVANSINYA DENGAN PROFESIONALISME GURU PAI)
17104010120_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah: (1) Apa saja nilai-nilai teladan inspiratif dari kisah Nabi Muhammad Saw dalam buku “Falsafah Nubuwwah” karya Khalil Bin Malwi, (2) bagaimana relevansi dari nilai teladan inspiratif Nabi Muhammad Saw dalam buku “Falsafah Nubuwwah” karya Khalil Bin Malwi dengan profesionalisme guru PAI. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah (1) mengetahui nilai-nilai teladan inspiratif dalam buku “Falsafah Nubuwwah” karya Khalil bin Malwi, (2) mendeskripsikan relevansi dari nilai teladan inspiratif dari kisah Nabi Muhammad Saw dengan profesionalisme guru PAI. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kepustakaan (library research). Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan pragmatik dan mimetik. Adapun pengumpulan datanya menggunakan wawancara (interview) dan dokumentasi. Analisis data menggunakan metode analisis isi (content analysis). Hasil penelitian yaitu memberikan kebebasan, kemerdekaan, bertakwa kepada Allah Swt, melangkah bertujuan kepada Allah Swt, berserah diri, menyesuaikan konteks amal (sesuatu) sesuai kondisi, tidak mudah putus asa, cekatan dalam berdakwah, menjaga hati seseorang dengan cara diam, mempunyai semangat jihad yang tinggi, menyebarkan kasih sayang dan kedamaian, berusaha untuk mencapai suatu keberhasilan, tidak memaki orang, mencintai dan menyayangi keluarga, saudara, dan orang-orang di sekitarnya, sabar dan lapang dada, berjasa dalam kehidupan masyarakat. Nilai-nilai tersebut ada relevansinya dengan profesionalisme guru PAI: 1) Realisasi antara nilai-nilai teladan inspiratif dalam buku Falsafah Nubuwwah berfungsi untuk membimbing dan memberikan pengetahuan dalam membina guru PAI agar menjadi pribadi yang lebih mengerti dan paham tentang adanya nilai-nilai teladan inspiratif untuk menjadi acuan, serta interaksi edukatif dalam keprofesionalisme guru PAI. 2) Hubungan antara nilai-nilai teladan inspiratif dengan profesionalisme guru PAI tidak dapat dipisahkan, karena keduanya mempunyai relasi timbal balik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Ahmad Hananv Naseh M.A
Uncontrolled Keywords: Falsafah Nubuwwah, Teladan Inspiratif, Profesionalisme Guru PAI.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 18 Sep 2021 20:58
Last Modified: 18 Sep 2021 20:58
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/44550

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum