PEMBINAAN AKHLAK ANGGOTA ORGANISASI IKATAN PELAJAR NAHDLATUL ULAMA’ DAN IKATAN PELAJAR PUTRI NAHDLATUL ULAMA’ (IPNU – IPPNU) KABUPATEN KULON PROGO SERTA RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

Choirul Huda, NIM : 17104010119 (2021) PEMBINAAN AKHLAK ANGGOTA ORGANISASI IKATAN PELAJAR NAHDLATUL ULAMA’ DAN IKATAN PELAJAR PUTRI NAHDLATUL ULAMA’ (IPNU – IPPNU) KABUPATEN KULON PROGO SERTA RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PEMBINAAN AKHLAK ANGGOTA ORGANISASI IKATAN PELAJAR NAHDLATUL ULAMA’ DAN IKATAN PELAJAR PUTRI NAHDLATUL ULAMA’ (IPNU – IPPNU) KABUPATEN KULON PROGO SERTA RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM)
17104010119_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PEMBINAAN AKHLAK ANGGOTA ORGANISASI IKATAN PELAJAR NAHDLATUL ULAMA’ DAN IKATAN PELAJAR PUTRI NAHDLATUL ULAMA’ (IPNU – IPPNU) KABUPATEN KULON PROGO SERTA RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM)
17104010119_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah adanya kegiatan keagamaan oleh Organisasi Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama’ dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama’ (IPNU-IPPNU) Kabupaten Kulon Progo dalam rangka pembinaan akhlak (karakter religius) anggota. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada relevansi pembinaan akhlak anggota organisasi IPNU-IPPNU Kulon Progo dengan pendidikan agama Islam. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan metode kualitatif deskriptif. Adapun pengumpulan datanya menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Pemeriksaan data menggunakan trangulasi data dengan dua macam, yaitu triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kegiatan-kegiatan keagamaan yang diselenggarakan oleh IPNU dan IPPNU di Kabupaten Kulon Progo rata-rata hampir sama. Namun beberapa menggunakan variasi sendiri sesuai kreatifitas Pimpinan Anak Cabang masing-masing. Bentuk-bentuk kegiatan keislaman yang diselenggarakan oleh IPNU dan IPPNU di Kulon Progo antara lain hadroh/sholawatan, ziarah, muqodaman/khataman, pengajian, ngaji kitab, mujahadah, pesantren kilat, tahlilan bersama, safari subuh, tadarus, buka bersama, sholat sunah arafah berjamaah, dan yasinan. Dalam kegiatan keagamaan yang diselenggarakan oleh IPNU – IPPNU Kulon Progo terdapat proses pembinaan akhlak. Akhlak yang menjadi fokus pembinaan meliputi akhlak terhadap Allah Swt., akhlak kepada Rasulullah Saw., akhlak pribadi, akhlak dalam keluarga, akhlak bermasyarakat, dan akhlak bernegara. Dalam kegiatan-kegiatan pembinaan akhlak tersebut juga sudah sesuai dengan dasar-dasar pendidikan agama Islam, yaitu Al-Qur’an, Sunnah, dan undang-undang yang berlaku di Negara Indonesia (UUD 1945 pasal 29). Kegiatan pembinaan akhlak yang dilakukan IPNU – IPPNU Kulon Progo menghasilkan akhlak al-mahmudah. Hal ini dapat dilihat dari tangapan anggota organisasi rata-rata mengungkapkan ada pengaruh positif yang mereka rasakan dalam kehidupannya setelah mengikuti bermacam-macam kegiatan yang diselenggarakan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. H. Rofik, M.Ag
Uncontrolled Keywords: IPNU – IPPNU, Kegiatan Keagamaan, Akhlak, Pembinaan Akhlak
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 18 Sep 2021 21:05
Last Modified: 18 Sep 2021 21:05
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/44551

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum