PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE DISTANCE LEARNING PADA PEMBELAJARAN TEMATIK SD/MI

Roichana Zulfa, NIM : 17104080025 (2021) PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE DISTANCE LEARNING PADA PEMBELAJARAN TEMATIK SD/MI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE DISTANCE LEARNING PADA PEMBELAJARAN TEMATIK SD/MI)
17104080025_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE DISTANCE LEARNING PADA PEMBELAJARAN TEMATIK SD/MI)
17104080025_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Permasalahan yang melatarbelakangi penelitian adalah motivasi belajar, tanggung jawab, kedisiplinan peserta didik menurun dan tidak adanya bentuk kerjasama dan kolaborasi antar peserta didik selama pembelajaran jarak jauh. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk: (1) mengembangkan model pembelajaran kooperatif tipe distance learning pada pembelajaran tematik SD/MI, dan (2) mengetahui kelayakan model pembelajaran kooperatif tipe distance learning pada pembelajaran tematik SD/MI berdasarkan penilaian ahli pembelajaran, praktisi pendidikan, dan respon peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian R&D (Research and Development) yang menggunakan kelima tahap dari model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Penilaian dilakukan oleh seorang ahli pembelajaran dan seorang praktisi pendidikan serta direspon oleh 22 peserta didik kelas V SD/MI. Data yang didapat berupa data kuantitatif yang kemudian dianalisis guna mengetahui kelayakan model pembelajaran dan RPP yang dikembangkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan model pembelajaran kooperatif tipe distance learning pada pembelajaran tematik SD/MI menggunakan model pengembangan R&D ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation) menghasilkan desain teruji. Model pembelajaran kooperatif tipe distance learning secara keseluruhan memiliki penilaian sangat layak dengan persentase kelayakan 89,5% yakni dari ahli pembelajaran dan praktisi pendidikan. Adapun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) sebagai visualisasi model pembelajaran memiliki penilaian sangat layak dengan persentase kelayakan 90%. Selain itu respon 20 dari 22 peserta didik menyatakan bahwa model pembelajaran tersebut layak diterapkan saat pembelajaran jarak jauh. Dengan demikian, model pembelajaran kooperatif tipe distance learning ini layak diterapkan pada pelaksanaan pembelajaran tematik SD/MI saat pembelajaran jarak jauh.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Aninditya Sri Nugraheni, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif, Blended Learning, Pembelajaran Tematik SD/MI
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 20 Sep 2021 09:37
Last Modified: 20 Sep 2021 09:37
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/44583

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum