PANDANGAN ANGGOTA ORGANISASI ROHIS MA RADEN FATAH PRAMBANAN SLEMAN TERHADAP PERNIKAHAN DINI DI KALANGAN ARTIS (STUDI KASUS PERNIKAHAN ALVIN FAIZ DAN TAQY MALIK)

Faiz Adzkia Arsyad, NIM.: 16203010004 (2020) PANDANGAN ANGGOTA ORGANISASI ROHIS MA RADEN FATAH PRAMBANAN SLEMAN TERHADAP PERNIKAHAN DINI DI KALANGAN ARTIS (STUDI KASUS PERNIKAHAN ALVIN FAIZ DAN TAQY MALIK). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PANDANGAN ANGGOTA ORGANISASI ROHIS MA RADEN FATAH PRAMBANAN SLEMANTERHADAP PERNIKAHAN DINI DI KALANGAN ARTIS (STUDI KASUS PERNIKAHAN ALVIN FAIZ DAN TAQY MALIK))
16203010004_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (PANDANGAN ANGGOTA ORGANISASI ROHIS MA RADEN FATAH PRAMBANAN SLEMANTERHADAP PERNIKAHAN DINI DI KALANGAN ARTIS (STUDI KASUS PERNIKAHAN ALVIN FAIZ DAN TAQY MALIK))
16203010004_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Pernikahan yang sejahtera yaitu pernikahan yang bahagia dan tenteram dengan sebaik-baiknya, maka suami istri memegang peranan utama dalam mewujudkan keluarga bahagia sejahtera, diantaranya perlu meningkatkan pengetahuan dan pengertian tentang bagaimana membina kehidupan keluarga sesuai dengan tuntunan agama dan ketentuan hidup bermasyarakat sehingga diharapkan setiap anggota keluarga khususnya suami istri mampu menciptakan stabilitas kehidupan rumah tangga yang penuh dengan ketentraman dan kedamaian. Dalam mencapai kesejahteraan tersebut tentunya sangat dipengaruhi oleh banyak hal salah satunya kedewasaan atau kematangan suami istri yang mana tanpa dibarengi oleh kedewasaan sangat mustahil untuk meraih kebahagiaan karena akan mepengaruhi pola fikir dalam berumah tangga. Kondisi saat ini, pernikahan di bawah umur sedang menjadi tren di dalam masyarakat. Adanya ajakan dari artis yaitu Taqy Malik dan Alvin Faiz, baik pernikahan di bawah umur yang diakibatkan karena keterpaksaan (hamil di luar nikah), ataupun karena kesadaran sendiri. Adanya pernikahan di bawah umur beberapa artis, yang mana pernikahan tersebut dilakukan bukan hanya untuk diri mereka sendiri, tetapi juga mengajak kepada masyarakat khususnya para generasi millenial, untuk segera menikah dari pada melakukan pacaran yang akan menjerumuskan kepada jurang kemaksiatan. Penyusun dalam melakukan penelitian tesis ini bertujuan untuk mengetahui tentang mengkaji dan meneliti pendapat anggota ROHIS MA Raden Fatah Prambanan Sleman terhadap Pernikahan Dini Alvin Faiz dan Taqy Malik. Lalu, bagaimana dampak psikologis dari Pernikahan Dini Alvin Faiz dan Taqy Malik terhadap anggota ROHIS Raden Fatah Prambanan Sleman dan dampak kepada mengkaji dan meneliti dampak psikologis dari Pernikahan Dini Alvin Faiz dan Taqy Malik terhadap anggota ROHIS Raden Fatah Prambanan Sleman. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Sumber primer dalam penelitian ini adalah data yang diperoleh di diperoleh penyusun dari tanya jawab tentang persoalan yang terkait dengan pernikahan dini di kalangan artis. Yaitu para pihak yang terkait seperti anggota ROHIS di MA Raden Fatah Prambanan Sleman. Sedangkan data sekunder diambil dari bahan studi kepustakaan yang terdiri dari peraturan perundangundangan mengenai perkawinan dan perundang-undangan. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan psikologi hukum islam. Dari data yang didapat, kemudian dianalisis secara kualitatif dengan menggunakan metode deduktif dan induktif. Berdasarkan hasil penelitian, adanya dampak dari pernikahan kedua artis tersebut kepada remaja zaman sekarang. Dicontohkan dengan adanya teman dari informan ini bermula dari mengikuti fenomena hijrah di kalangan remaja dan berlanjut mengikuti kegiatan keseharian figur-figur yang dianggap sebagai contoh, dan akhirnya dia memutuskan untuk melakukan pernikahan dini.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Mochamad Sodik, S.Sos, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Pernikahan Dini, Organisasi ROHIS, MA Raden Fatah Prambanan Sleman
Subjects: Hukum Islam
Hukum Islam > Fiqih > Pernikahan
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Magister Ilmu Syari'ah (S2)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 20 Sep 2021 13:32
Last Modified: 20 Sep 2021 15:25
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/44586

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum