CORAK KAJIAN FILSAFAT ISLAM DI FAKULTAS USHULUDDIN DAN PEMIKIRAN ISLAM UIN SUNAN KALIJAGA (STUDI ATAS KURIKULUM FILSAFAT ISLAM UIN SUNAN KALIJAGA, YOGYAKARTA TAHUN 2019)

Syahuri Arsyi, NIM.: 16205010083 (2020) CORAK KAJIAN FILSAFAT ISLAM DI FAKULTAS USHULUDDIN DAN PEMIKIRAN ISLAM UIN SUNAN KALIJAGA (STUDI ATAS KURIKULUM FILSAFAT ISLAM UIN SUNAN KALIJAGA, YOGYAKARTA TAHUN 2019). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (CORAK KAJIAN FILSAFAT ISLAM DI FAKULTAS USHULUDDIN DAN PEMIKIRAN ISLAM UIN SUNAN KALIJAGA (STUDI ATAS KURIKULUM FILSAFAT ISLAM UIN SUNAN KALIJAGA, YOGYAKARTA TAHUN 2019))
16205010083_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (CORAK KAJIAN FILSAFAT ISLAM DI FAKULTAS USHULUDDIN DAN PEMIKIRAN ISLAM UIN SUNAN KALIJAGA (STUDI ATAS KURIKULUM FILSAFAT ISLAM UIN SUNAN KALIJAGA, YOGYAKARTA TAHUN 2019))
16205010083_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Kajian ini berusaha mengelaborasi corak kajian filsafat Islam di Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam yang ada pada kurikulum filsafat Islam. Corak dari perkembangan sebuah keilmuan di Perguruan Tinggi Islam dapat dicermati dari produk keilmuan yang dihasilkannya. Dalam konteks ini, kurikulum filsafat Islam di Fakulatas Ushuluddin dan Pemikiran Islam UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta merupakan produk keilmuan yang bisa menggambarkan perkembangan bangun keilmuan filsafat Islam di Indonesia. Corak kajian filsafat Islam dalam kurikulum filsafat Islam di Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta pada kajian ini menggunakan teori Amin Abdullah tentang trend kajian keilmuan agama yang terintegrasi-terinterkoneksi dengan disiplin keilmuan yang lain yaitu tentang Ulum al-Din, al-Fikr al-Islamiy dan Dirasat Islamiyah. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan sumber berbahan library research (penelitian kepustakaan). Kurikulum filsafat Islam yang ada di Perguruan Tinggi Islam UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta, sebagai sumber data primer. Sedangkan, sumber data sekunder dapat diambil dari berbagai literatur ilmiah, buku-buku baik, cetak maupun e-book, artikel-artikel, jurnal, makalah, serta berbagai media yang mengulas topik penelitian ini. Setelah melakukan elaborasi pengkajian atas kurikulum filsafat Islam Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam UIN Sunan Kalijaga dengan menggunakan teori Amin Abdullah tentang trend kajian keilmuan agama yang terintegrasi-terinterkoneksi dengan disiplin keilmuan yang lain yaitu tentang Ulum al-Din, al-Fikr al-Islamiy dan Dirasat Islamiyah, maka coraknya lebihb pada spektrum pemikiran Islam atau al-Fikr al-Islamiy (Islamic Thought) dimana pemikiran tokoh dalam konteks perspektif historis seperti, sejarah kelahiran dan pertumbuhan awal filsafat Islam, tema epistemologi, metafisika, ilmu pengetahuan, etika, politik, sosial dan estetika.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Fahruddin Faiz, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Kurikulum, Filsafat Islam, al-Fikr al-Islamiy.
Subjects: Filsafat Islam
Pendidikan > Kurikulum
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Aqidah dan Filsafat Islam (S2) > Filsafat Islam
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 20 Sep 2021 14:08
Last Modified: 20 Sep 2021 14:08
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/44608

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum