PERAN LSPPA DALAM PENDAMPINGAN PEREMPUAN WARGA TERDAMPAK PEMBANGUNAN BANDARA YOGYAKARTA INTERNASIONAL AIRPORT (YIA)

Ahmad Taufiqur Rohman, NIM.: 1720010123 (2020) PERAN LSPPA DALAM PENDAMPINGAN PEREMPUAN WARGA TERDAMPAK PEMBANGUNAN BANDARA YOGYAKARTA INTERNASIONAL AIRPORT (YIA). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN LSPPA DALAM PENDAMPINGAN PEREMPUAN WARGA TERDAMPAK PEMBANGUNAN BANDARA YOGYAKARTA INTERNASIONAL AIRPORT (YIA))
17200010123_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PERAN LSPPA DALAM PENDAMPINGAN PEREMPUAN WARGA TERDAMPAK PEMBANGUNAN BANDARA YOGYAKARTA INTERNASIONAL AIRPORT (YIA))
17200010123_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Peran Lembaga Studi Pengembangan Perempuan dan Anak (LSPPA) dalam Pendampingan Perempuan Warga Terdampak Pembangunan Bandara YIA merupakan sebuah wujud dari kontribusi LSPPA sebagai LSM yang mempunyai fokus memperjuangkan hak perempuan dan anak yang berarti menegakkan kesetaraan gender. Pada konteks warga terdamapak LSPPA masuk sebagai wujud dari kontribusi program pemberdayaan perempuan dengan harapan dapat mengatasi ataupun meminimalisir dampak negatif dari adanya pembangunan infastruktur bandara. Tesis ini menarik karena ditengah kegelisahan warga terdampak pembangunan bandara LSPPA mencoba masuk dengan memberikan salah satu solusi alternatif perempuan warga terdampak agar dapat berkembang mengikuti arus pembangunan dengan artian tidak tertinggal. Tulisan ini menggunakan data hasil penelitian lapangan yang telah dilakukan kurang lebih delapan bulan mulai dari (Maret-Oktober 2020) serta pengamatan-pengamatan pra penelitian dengan observasi secara langsung saat proses pembebasan lahan tahun 2017. Subyek penelitian dalam penelitian ini yaitu LSPPA serta kelompok perempuan warga terdampak pembangunan bandara. Untuk mendapatkan data yang valid, pemilihan informan dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling dengan menggunakan kreteria orang yang paling mengetahui sumber data yang akan digali dengan menggunakan metode wawancara, observasi dan dekomentasi. Hasil temuan dari Tesis ini menunjukkan dampak dari adanya kebijakan pembangunan bandara memberikan ruang bagi LSM sebagai lembaga non-Negara dalam mendelegasikan program pembedardayaan. Hasil analisis LSPPA beserta kelompok penerima program terdapat dampak-dampak yang dikhawatirkan akan terjadi dimasa yang akan datang, diantaranya warga tidak dapat mengatur uang ganti rugi yang diterima hingga munculnya tempat prostitusi yang menjadi tantangan moral bagi warga. Adanya dampak tersebut menjadi dasar dilaksanakannya program pemberdayaanoleh LSPPA. Dalam pelaksanaannya, terdapat tiga jenis pemberdayaan yaitu secara kritis, praktis dan bantuan modal usaha. Pemberdayaan secara kritis yaitu dengan pemberian materi, sedangkan secara praktis dilakukan dengan pemberian pelatihan keterampilan membuat kerajinan dan pengelolaan makanan. Kemudain yang terahir bantuan modal diberikan dengan model pengelolaan koprasi diharapkan dapat membantu kelompok dalam mengembangkan usahanya. Secara garis besar, ketiga program tersebut dipandang berhasil dalam mendorong partisipasi dan kontrol perempuan dalam keluarga atau mewujudkan kesetaraan gender untuk kesejahteraan.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing : Achmad Zainal Arifin, M.A., Ph.D.
Uncontrolled Keywords: Dampak Pembangunan Bandara, Pemberdayaan perempuan, Kesetaraan Gender, dan Lembaga Swadaya Masyarakat.
Subjects: Masalah Sosial
Konflik
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Interdisciplinary Islamic Studies
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 20 Sep 2021 14:22
Last Modified: 29 Oct 2021 13:38
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/44612

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum