INTEGRASI SAINS DAN AGAMA PADA PEMBELAJARAN FISIKA DALAM PEMBINAAN AKHLAK SISWA SMA IT NUR HIDAYAH SURAKARTA

Itsna Rifiana Ulfa, NIM.: 17204011116 (2020) INTEGRASI SAINS DAN AGAMA PADA PEMBELAJARAN FISIKA DALAM PEMBINAAN AKHLAK SISWA SMA IT NUR HIDAYAH SURAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (INTEGRASI SAINS DAN AGAMA PADA PEMBELAJARAN FISIKA DALAM PEMBINAAN AKHLAK SISWA SMA IT NUR HIDAYAH SURAKARTA)
17204011116_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[img] Text (INTEGRASI SAINS DAN AGAMA PADA PEMBELAJARAN FISIKA DALAM PEMBINAAN AKHLAK SISWA SMA IT NUR HIDAYAH SURAKARTA)
17204011116_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini adalah adanya pemisahan antara ilmu sains dengan ilmu agama sehingga berdampak negatif bagi perkembangan keilmuan dan peradaban didunia Islam karena keilmuan agama dipandang hanya sebatas teks AlQur’an dan Hadits. Sehingga kuat anggapan bahwa agama dan sains adalah dua hal yang tidak bisa dipertemukan dengan kata lain sains tidak memperdulikan agama dan agama tidak memperdulikan sains itulah yang terlihat dalam dunia pendidikan sekarang ini. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengintegrasikan pembelajaran sains dengan agama dalam membina akhlak siswa di SMA IT Nur Hidayah Surakarta. Penelitian ini dilakukan dengan wawancara Kepala Sekolah dan Guru, observasi kegiatan pembelajaran dikelas maupun diluar kelas, dan mengambil dokumentasi. Teknik analisis data untuk mendapatkan kevalidan data diuji dengan keabsahan dan analisis data yang dilakukan dengan merangkum hasil penelitian lalu menyajikannya dengan menyusun dan mengumpulkan informasi dan menarik kesimpulan data penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pengintegrasian pembelajaran sains (fisika) dan agama dilakukan karena sains dan agama adalah satu kesatuan. Pengintegrasian ini sangat diperlukan karena dalam memahami sains (fisika) harus mempunyai dasar yang kuat yaitu Al-Qur’an dan Hadis. Pendidikan bertujuan untuk menghasilkan peserta didik yang cerdas, bukan hanya cerdas dalam aspek kognitif tetapi juga harus cerdas dalam aspek afektif dan aspek psikomotorik. Oleh karenanya dengan adanya pengintegrasian sains (fisika) dan agama peserta didik

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Suyadi, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Integrasi, Pembelajaran Sains dan Agama, Pembinaan Akhlak
Subjects: Fisika
Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam (S2) > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Asri Yuna Chasanawati
Date Deposited: 06 Oct 2021 09:58
Last Modified: 06 Oct 2021 09:58
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/44623

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum