IMPLEMENTASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN AHLUSUNNAH WAL-JAMA’AH-NU DALAM PEMBENTUKAN AKHLAK SISWA DI SMK DIPONEGORO DEPOK YOGYAKARTA

Riki Herman, NIM.: 18204010046 (2020) IMPLEMENTASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN AHLUSUNNAH WAL-JAMA’AH-NU DALAM PEMBENTUKAN AKHLAK SISWA DI SMK DIPONEGORO DEPOK YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN AHLUSUNNAH WAL-JAMA’AH-NU DALAM PEMBENTUKAN AKHLAK SISWA DI SMK DIPONEGORO DEPOK YOGYAKARTA)
18204010046_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (15MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN AHLUSUNNAH WAL-JAMA’AH-NU DALAM PEMBENTUKAN AKHLAK SISWA DI SMK DIPONEGORO DEPOK YOGYAKARTA)
18204010046_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

SMK Diponegoro merupakan sekolah menengah kejuruan yang unggul, terampil, agamais, mandiri dan berakhlakulkarimah. Yang mencetak tenaga kerja yang berkualitas dimana perpaduan kurikulum nasional dengan berbasis kompetensi dan kurikulum agama. SMK Diponegoro Depok mempunyai ciri khusus sebagai SMK unggulan berbasis pesantren yang mengedepankan nilai-nilai Agama dan karakter bangsa. Untuk mengimplementasi nilai-nilai pendidikan Agama maka dilakukan sebuah gagasan yang sudah disusun dengan begitu cermat seperti tuntunan nilai-nilai pendidikan ahlussunnah wal-Jama‟ah-NU dalam pembentukan akhlak siswa di SMK Diponegoro Depok Yogyakarta. Jenis penelitian yang digunakan penulis yakni jenis penelitian kualitatif. subyek penelitian ini yaitu guru Aswaja dan siswa SMK Diponegoro Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara, dokumentasi dan triangulasi. Analisis data dilakukan melalui empat tahap yaitu: klarifikasi data, reduksi data, interprestasi data dan penarikan kesimpulan. Teknik pengumpulan data dengan metode induktif yaitu mencari data sebanyak-banyaknya lalu disimpulkan (umum-khusus). Adapun hasil penelitian ini yaitu: Pertama konsep dasar nilai pendidikan ahlussunnah wal-Jama‟ah-NU dalam pembentukan akhlak di SMK Diponegoro Depok Yogyakarta: mabadi khoira ummah sebagai konsep awal untuk membentuk umat terbaik dan konsep ukhuwah nahdliyah sebagai langkah selanjutnya untuk menanamkan karakter khas NU. Kedua Nilai-nilai pendidikan ahlussunnah wal-Jama‟ah-NU yang ditetapkan dalam pembentukan akhlak siswa di SMK Diponegoro Depok: nilai Tasamuh (Toleransi), Tawasuth (moderat), I‟tidal (adil), Amar ma‟ruf Nahi Munkar dan Tawazun (seimbang). Ketiga Implementasi ahlussunnah

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing : Dr.Usman, SS.M.Ag
Uncontrolled Keywords: Nilai-nilai Pendidikan, Ahlussunnah wal-Jama'ah-NU, Akhlak
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Organisasi Masyarakat > Nahdlatul Ulama (NU)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S-2)
Depositing User: Asri Yuna Chasanawati
Date Deposited: 06 Oct 2021 10:01
Last Modified: 06 Oct 2021 10:01
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/44637

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum