IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TAHFIDZ AL-QUR’AN PADA ANAK USIA DINI DI TK ISLAMIC HOME SCHOOLING (IHS) DESA NGASEM, KECAMATAN NGASEM, KABUPATEN BOJONEGORO, JAWA TIMUR

Ichkrim Matil Wahyuni, NIM. 17104030002 (2021) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TAHFIDZ AL-QUR’AN PADA ANAK USIA DINI DI TK ISLAMIC HOME SCHOOLING (IHS) DESA NGASEM, KECAMATAN NGASEM, KABUPATEN BOJONEGORO, JAWA TIMUR. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TAHFIDZ AL-QUR’AN PADA ANAK USIA DINI DI TK ISLAMIC HOME SCHOOLING (IHS) DESA NGASEM, KECAMATAN NGASEM, KABUPATEN BOJONEGORO, JAWA TIMUR)
17104030002_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TAHFIDZ AL-QUR’AN PADA ANAK USIA DINI DI TK ISLAMIC HOME SCHOOLING (IHS) DESA NGASEM, KECAMATAN NGASEM, KABUPATEN BOJONEGORO, JAWA TIMUR)
17104030002_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh maraknya acara keagamaan yang menghiasi layar televisi seperti adanya festival, dakwah, khususnya acara menghafal Al-Qur’an atau acara lainya yang melibatkan orang dewasa sampai anak-anak dan mereka menjadi pesertanya. Banyak orang tua yang menyaksikan acara tersebut menjadi tertarik, termotivasi, sehingga menginginkan anaknya menjadi penghafal Al-Qur’an sejak usia dini. Salah satu cara orangtua untuk mewujudkan keinginan mereka agar anaknya menjadi penghafal Al-Qur’an sejak usia dini yaitu dengan menyekolahkan anaknya di lembaga yang dikhususkan untuk menghafal Al-Quran. Oleh karena itu, perlu adanya penelitian bagaimana proses pembelajaran tahfiz Al-Qur’an pada anak usia dini di TK dan apa saja faktor pendukung dan penghambat pembelajaran tahfiz Al-Qur’an pada anak usia dini di TK. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana implementasi pembelajaran tahfiz Al-Qur’an pada anak usia dini di TK Islamic Home Schooling Ngasem dan untuk mengetahui apa saja faktor pendukung serta faktor penghambat dalam pelaksanaan pembelajaran tahfiz Al-Qur’an pada anak usia dini di TK Islamic Home Schooling Ngasem. Penelitian ini menggunakan metode kulitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Data yang diperoleh dalam penelitian ini melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan terdiri dari tiga langkah, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Implementasi pembelajaran tahfiz Al-Qur’an di TK IHS Ngasem dilaksanakan melalui tahapan perencanaan, pengorganisasian. pelaksanaan, dan evaluasi atau penilaian. (2) Faktor pendukung pembelajaran tahfiz yaitu usia, lingkungan, tempat yang tidak bising, guru yang profesional, dan dukungan dari orangtua. Faktor penghambatnya yaitu penggunaan mainan ketika di sekolah dan alat komunikasi yang tidak pada waktunya ketika di rumah, sikap guru yang terkadang terlalu keras ketika pembelajaran, dan kefokusan siswa yang tidak bisa konsentrasi dalam jangka waktu yang lama.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Rohinah, S.Pd.I., M.A.
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Tahfiz Al-Qur’an, Anak Usia Dini
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 22 Sep 2021 13:57
Last Modified: 22 Sep 2021 13:57
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/44677

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum