KETERLIBATAN ORANG TUA DALAM PENDIDIKAN ANAK USIA DINI PADA MASA PANDEMI DI RA MUSLIMAT NU 007 GANDU I MLARAK PONOROGO

Rifqi Humaida, NIM : 17104030028 (2021) KETERLIBATAN ORANG TUA DALAM PENDIDIKAN ANAK USIA DINI PADA MASA PANDEMI DI RA MUSLIMAT NU 007 GANDU I MLARAK PONOROGO. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KETERLIBATAN ORANG TUA DALAM PENDIDIKAN ANAK USIA DINI PADA MASA PANDEMI DI RA MUSLIMAT NU 007 GANDU I MLARAK PONOROGO)
17104030028_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (KETERLIBATAN ORANG TUA DALAM PENDIDIKAN ANAK USIA DINI PADA MASA PANDEMI DI RA MUSLIMAT NU 007 GANDU I MLARAK PONOROGO)
17104030028_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Ditengah pademi COVID-19 ini keterlibatan orang tua menjadi kunci utama dalam berlangsungnya pendidikan anak selama study at home, selama masa pandemi ini orang tua mempunyai tugas sebagai guru pengganti seperti halnya di lembaga sekolah, orang tua memberikan pembelajaran dan pendampingan agar minat belajar anak tidak menurun meskipun pembelajaran dilakukan dari rumah masing-masing. Berdasarkan pengamatan awal dan juga wawancara singkat dengan guru yang dilakukan di RA Muslimat NU 007 Gandu I, orang tua aktif memberikan pendampingan belajar terhadap anak-anak mereka, berangkat dari fakta tersebut penelitian ini bertujuan untuk mengetahui lebih dalam terkait bagaimana proses pembelajaran yang dilakukan selama masa pandemi dan juga bagaimana bentuk keterlibatan orang tua dalam pendidikan anak usia dini selama masa pandemi di RA Muslimat NU 007 Gandu I. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan pengumpulan data melalui metode observasi, wawancara dan dokumentasi berupa foto, video, dokumen resmi sekolah. Adapun sumber data dari penelitian ini adalah guru dan orang tua / wali murid di RA Muslimat NU 007 Gandu I Mlarak Ponorogo, analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Miles and Huberman, kemudian dalam pengeceken keabsahan data menggunakan triangulasi. Hasil penelitian yang ditemukan bahwa proses pembelajaran selama masa pandemi ini RA Muslimat NU 007 Gandu I menggunakan metode pembelajaran daring dan juga luring, bentuk keterlibatan orang tua yang dilakukan berupa parenting, komunikasi, sukarelawan, pendampingan belajar dari rumah, ikut serta dalam membuat keputusan, bergabung dalam organisasi masyarakat. Dampak positif dari keterlibatan orang tua ini adalah terbantunya kegiatan belajar mengajar anak selama masa pandemi sehingga tetap berlangsung dengan baik, kemudian dampak lainnya adalah terjalinnya komunikasi yang baik antara orang tua dengan guru/sekolah. Orang tua memiliki banyak waktu bersama anak dan juga dapat melihat/ mengamati secara langsung perkembangan belajar anak selama di rumah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Sigit Purnama, M. Pd
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Anak Usia Dini, Keterlibatan Orang Tua, Pandemi
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 22 Sep 2021 14:50
Last Modified: 22 Sep 2021 14:50
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/44685

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum