Kesalahan Berbahasa (Kala>m) Santri PPKh KMMI Putra Nurul Hakim Kediri Lombok Barat (Analisis Morfologi dan Sintaksis)

Yosal Josman, NIM : 18204020035 (2021) Kesalahan Berbahasa (Kala>m) Santri PPKh KMMI Putra Nurul Hakim Kediri Lombok Barat (Analisis Morfologi dan Sintaksis). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (Kesalahan Berbahasa (Kala>m) Santri PPKh KMMI Putra Nurul Hakim Kediri Lombok Barat (Analisis Morfologi dan Sintaksis))
18204020035_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (Kesalahan Berbahasa (Kala>m) Santri PPKh KMMI Putra Nurul Hakim Kediri Lombok Barat (Analisis Morfologi dan Sintaksis))
18204020035_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Pembelajaran bahasa Arab di Pondok Pesantren merupakan kegiatan yang sudah menjadi kewajiban bagi santri, bahkan sebagian dari pondok pesantren mewajibkan kepada santrinya untuk menggunakan bahasa Arab dalam berkomunikasi sehari-hari. Asrama putra PPKh KMMI merupakan satu-satunya asrama putra di Pondok Pesantren Nurul Hakim yang mempunyai sistem bilingual. Para santri di Asrama ini diwajibkan untuk menggunakan bahasa Arab sebagai bahasa sehari-hari mereka. Disebabkan oleh adanya kewajiban untuk menggunakan bahasa Arab di Asrama ini membuat mereka terkadang menggunakan bahasa Arab secara asal karena untuk menghindari hukuman, sehingga terjadilah beberapa kesalahan dalam penggunaan struktur yang tidak sesuai dengan kaidah gramatika bahasa Arab. Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah untuk menganalisis kesalahan morfologis dan sintaksis dalam komunikasi (kala>m) sehari-hari para santri ketika menggunakan bahasa Arab. Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui dan menganalisis berbagai bentuk kesalahan morfologi yang terjadi dalam komunikasi para santri Asrama Putra PPKh KMMI Pondok Pesantren Nurul Hakim, (2) mengetahui dan menganalisis berbagai bentuk kesalahan sintaksis yang terjadi dalam komunikasi para santri Asrama Putra PPKh KMMI Pondok Pesantren Nurul Hakim dan (3) mendeskripsikan faktor-faktor yang menjadi penyebab terjadinya kesalahan pada komunikasi para santri Asrama Putra PPKh KMMI Pondok Pesantren Nurul. Jenis dan desain penelitian ini adalah kualitatif dengan rancangan yang digunakan adalah rancangan deskriptif. Dalam teknik pengumpulan data, peneliti menggunakan metode simak, dengan teknik mencatat kesalahan beserta konteksnya (jika diperlukan), mengidentifikasi kesalahan, mengklasifikasi kesalahan, mendeskripsikan kesalahan, menganalisis data kesalahan dan memperbaiki kesalahan. Berdasarkan hasil penelitian ini, dalam menganalisis data kesalahan morfologi dan sintkasis terhadap data kesalahan berbahasa Arab santri, memperlihatkan dua sumber atau penyebab kesalahan dalam komunikasi (kala>m) sehari-hari, yaitu yang pertama adalah kesalahan antarbahasa atau interferensi dan yang kedua adalah kesalahan intrabahasa. Kesalahan-kesalahan dalam persoalan tawa>quf, isytiqa>q, zaman, ‘adad, nau‘, dan i‘ra>b, merupakan sebuah problematika kompleksitas sistem bahasa Arab yang tidak sama atau tidak dimiliki pada sistem bahasa Indonesia, sehingga sering terjadi kesalahan dalam komunikasi para santri.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Nasiruddin, M.Si., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Bahasa Arab, Kala>m, Morfologi, Sintaksis,.
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab > PENDIDIKAN BAHASA ARAB - TEORI
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam (S2) > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 23 Sep 2021 10:20
Last Modified: 23 Sep 2021 10:20
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/44696

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum